Rumah Ibu Christina – Makassar Sulsel

Ibu Christina memiliki lahan berukuran 10x16 meter yang terletak di Makassar, Sulawesi Selatan. Lahan ini akan dibangun dua rumah dengan fungsi yang sama, begitu pun dengan layout denah ruangan didalamnya dan tampilan eksterior yang hanya di mirror saja. Karena lahan dibagi menjadi 2 tampilan fasadnya akan terlihat sempit memanjang kebelakang. Luas bangunan lantai 1 ±51,72 m2 dengan kebutuhan ruang diantaranya teras depan, gudang, ruang tamu, ruang makan, dapur, kamar mandi, ruang tidur utama yang dilengkapi kamar mandi, dan teras belakang. 

Sisa lahan dibagian belakang difungsikan sebagai taman. Untuk kamar mandi samping ruang makan tidak perlu menggunakan plafond seperti kamar mandi lainnya karena beratap dak sekaligus diberi atap jendela kaca untuk menyalurkan cahaya matahari. Luas bangunan lantai 2 ±56,45 m2 memiliki beberapa ruang diantaranya ruang keluaga, kamar mandi, kamar tidur anak 1, kamar tidur anak 2, kamar tidur anak 3 yang dilengkapi kamar mandi, dan ruang cuci jemur.

Untuk fasad ini, konsep yang diterapkan adalah bangunan minimalis dengan bentuk atap pelana bermaterial genteng beton flat. Tetapi dibagian depan dan belakang menggunakan dak sesuai bentuk atap untuk membuat tampilan fasad lebih menarik. 

Sesuai dengan keinginan klien yang ingin membangun rumah dengan meminimalisir budget, fasad bangunan kami buat simple dengan dibuat dinding unfinished dan dinding acian expose di beberapa sisi bangunan. Kemudian dipadukan dengan conwood sebagai aksen untuk menampilkan tekstur alami kayu. 

Pada bagian depan dan belakang bangunan diberi jendela sudut untuk memberikan tampilan yang tidak monoton. Untuk jendela mati didesain lebar dan tinggi agar memaksimalkan cahaya matahari yang masuk menerangi tangga yang ada dibawahnya.

Untuk area ruang cuci jemur, kami tempatkan railing besi hollow sebagai pengaman. Pada dinding samping taman belakang diberi roster beton yang difungsikan sebagai sirkulasi udara antara dua rumah tersebut. 

Rangka atap carport menggunakan material besi hollow dan untuk material penutup menggunakan perpaduan kaca laminated dan papan kayu. Sedangkan untuk material pintu dan jendela menggunakan alumunium solid.



Arsigriya © 2019. Web by . All Rights Reserved