Tips Membuat Carport yang Menarik

Diposkan: 07 Sep 2019 Dibaca: 140 kali


Mungkin bagi beberapa orang berkeinginan membangun sebuah garasi, namun harus terkendala dengan minimnya lahan yang dimiliki, lantas apa yang harus dilakukan? Tenang saja kita bisa mensiasatinya dengan membangun sebuah carport sebagai gantinya. Sejatinya carport memiliki fungsi yang sama dengan garasi yakni untuk menyimpan atau memarkir kendaraan terutama mobil agar terhindar dari incaran pencuri dan terlindungi dari terik matahari serta guyuran air hujan, hanya saja konsep carport lebih terbuka tanpa atap maupun dengan atap dan terpisah dengan rumah. Selain fungsi tersebut, carport kini juga bisa menambah estetika tampilan fasad suatu hunian karena letaknya yang hampir selalu berada di depan rumah. Maka dari itu, perlu diperhatikan pula bagaimana mendesain dan menggunakan material yang dibutuhkan secara proporsional sehingga tampilan carport menjadi lebih indah dan menarik. Berikut beberapa tips diantaranya :

  1. Luas lahan menjadi hal pertama yang perlu diperhatikan. Usahakan luas carport memenuhi standar dengan dibuat lebih lebar dan panjang sekitar 0,5 sampai 1 meter dari ukuran kendaraan, dengan begitu Anda akan merasa nyaman dan leluasa untuk memasukkan ataupun mengeluarkan kendaraan.
  2. Sesuaikan desain carport dengan tampilan fasad rumah agar tercipta keselarasan, dengan begitu tidak akan terjadi benturan gaya yang signifikan antara rumah dengan carport.
  3. Pilih material penutup lantai bertekstur kasar seperti plesteran, batu alam, dan keramik kasar. Plesteran sangat kuat untuk menahan berat kendaraan, batu alam cepat kering jika terkena air, sedangkan keramik kasar akan mempercantik tampilan carport karena motifnya yang beragam.
  4. Gunakan material penutup atap sesuai kebutuhan, misalkan kaca laminated untuk membuat carport tampak lebih terang, atap model pergola dari kayu untuk menambah kesan alami, atau bisa juga menggunakan tanaman rambat agar tampilan carport tidak monoton dan terlihat lebih menarik.
  5. Perhatikan proporsi carport dengan rumah. Buat atap carport tidak terlalu tinggi sehingga tidak menutupi tampilan fasad rumah. Selain itu, jangan menggunakan material yang terlalu solid karena hanya akan membuat carport tampak penuh dan tertutup.

Beberapa Contoh Desain Carport :

  1. Carport Batu Alam.

Batu Alam Andesit Untuk Dinding Dan Lantai

Source : https://id.pinterest.com/pin/852165560713971631/

Penggunaan material batu alam pada lantai atau dinding carport akan membuat tampilan lebih alami dan elegan. Perpaduan warna gelap terang dari batu alam semakin mempercantik tampilannya. Namun, kita harus merawatnya secara berkala dengan melapisi coating agar batu alam tidak berlumut sehingga tidak licin untuk berpijak. Contoh batu alam yang sering digunakan batu andesit, batu kali, batu candi, dan batu sikat.

  1. Carport Grassblock.

Gambar terkait

Source : https://www.google.com/search?q=carport+grassblock&safe=strict&rlz=1C1GIVB_enID848ID848&source=lnms&tbm=isch&sa=X&ved=0ahUKEwjBjeG-6eDjAhXNXisKHazOB8EQ_AUIESgB&biw=1366&bih=657#imgrc=UA4yNqPciHNIlM:

Jenis carport menggunakan grassblock sebagai material lantainya, memiliki beberapa keunggulan dibandingkan material yang lain diantaranya memperkuat jalan masuk kendaraan, tahan lama dan tahan cuaca, lebih murah dan mudah dalam hal pemasangan, serta membuat tampilan carport lebih hijau dan tidak gersang. Dan yang paling penting dapat membantu penyerapan air, sehingga air hujan atau air bekas cucian kendaraan tidak akan tergenang dan langsung diserap ke dalam tanah.

  1. Carport Panel Surya.

Image result for carport solar panel

Source : https://id.pinterest.com/pin/405324035213073698/

Desain carport ini menggunakan panel surya sebagai atapnya, menjadikannya terkesan mewah, futuristik, dan pastinya multifungsi karena dapat menyimpan panas matahari yang kemudian diubah menjadi tenaga listrik untuk kebutuhan sehari-hari.

  1. Carport Beton.

desain carport beton mix baja ringan (8)

Source : https://id.pinterest.com/pin/396950154642998570/

Biasanya dirancang untuk kendaraan dengan beban berat sehingga membutuhkan struktur yang kuat. Perkerasan lantai carport ini harus menggunakan tulangan besi beton kemudian dicor dan bisa saja diekspose untuk memberinya kesan alami.

  1. Carport Pergola Kayu.

Carport bois Viso 34m²

Source: https://id.pinterest.com/pin/378795018651354508/

Salah satu model carport yang banyak digemari berbagai kalangan karena tampilannya yang natural dan fleksibel. Pemasangannya juga terbilang lebih mudah daripada material lainnya seperti metal atau alumunium. Namun, kita juga harus rajin merawatnya agar keawetannya terjaga.

  1. Carport Atap Kaca.

Source : https://id.pinterest.com/pin/733312751800991232/

Material kaca digunakan bagi yang menginginkan carport terlihat lebih terbuka dan terang. Dengan penggunaan kaca sebagai atapnya pasti mendapatkan pencahayaan alami yang cukup dan tampilan carport akan terlihat stylish dan clean. Selain itu, kaca sangat cocok dikombinasikan dengan material lain seperti kayu, beton, maupun besi.

  1. Carport Beratap Tanaman Rambat.

Gambar terkait

Source : https://www.google.com/search?q=carport++beratap+tanaman+rambat&rlz=1C1GIVB_enID848ID848&source=lnms&tbm=isch&sa=X&ved=0ahUKEwii7sWM6N7jAhXRXisKHWprBPgQ_AUIESgB&biw=1366&bih=657#imgdii=qwcGgoQEnry2PM:&imgrc=5xPBFO5kU-OagM:

Untuk carport ini memanfaatkan bunga atau tanaman merambat sebagai peneduhnya, dengan begitu tampilan carport akan terlihat berbeda, lebih asri dan sejuk. Beberapa contoh tanaman hias yang digunakan diantaranya bunga pyrostegia, bunga stefanot, mandevilla sanderi, glorybower, dan bunga air pengantin.

  1. Carport Underground.

Pop-up Garage Stows Your Car Safely Underground

Source : https://id.pinterest.com/pin/425590233521253910/

Konsep carport ini menggunakan pintu otomatis teknologi tinggi berbasis sistem hidrolik yang akan membawa kendaraan menuju lahan parkir bawah tanah. Jenis carport ini dapat menghemat lahan dan tentunya sangat aman dari pencurian.

  1. Carport Gazebox.

Source : https://id.pinterest.com/pin/373024781608355642/

Carport gazebox merupakan inovasi baru dan revolusioner buatan Italia yang mudah dipasang dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan kita. Menggunakan teknologi remote control dengan sinyal cahaya untuk mengoperasikannya. Dilengkapi dengan panel khusus yang melindungi kendaraan dari berbagai macam cuaca dan gangguan hewan.


Tags

Artikel Terkait

Partisi Ruang

Partisi Ruang

Partisi ruang atau room divider merupakan suatu bidang yang digunakan untuk memisahkan atau menyekat satu ruangan dengan ruang yang lainnya tapi tidak secara permanen. Hal ini bertujuan agar partisi bisa dipindah sewaktu-waktu membutuhkan ruangan yang luas untuk acara keluarga maupun lainnya. Karena [...]

Diposkan: 13 Jun 2019 Dibaca: 535 kali

Mengoptimalkan Sirkulasi Udara Dalam Ruang  dengan Material Roster yang Estetik

Mengoptimalkan Sirkulasi Udara Dalam Ruang dengan Material Roster yang Estetik

Roster merupakan salah satu material yang memiliki fungsi ganda pada sebuah desain bangunan. Fungsi utama roster adalah memperbaiki sirkulasi udara dalam ruang, karena memiliki bentuk yang berongga sehingga udara dari luar ruangan dapat masuk ke dalam ruang melalui rongga tersebut. Fungsi lain dari [...]

Diposkan: 25 Apr 2019 Dibaca: 349 kali

Mengatasi Retak Rambut Pada Dinding Tembok Semen

Mengatasi Retak Rambut Pada Dinding Tembok Semen

Apakah rumah anda mengalami masalah pada dinding berupa retak rambut? Masalah seperti sangat banyak terjadi dalam sebuah bangunan yang menggunakan dinding dengan plesteran dan acian semen. Namun, apakah anda tahu penyebab dan cara mengatasinya? [...]

Diposkan: 29 Aug 2018 Dibaca: 620 kali

Pentingnya Perencanaan Sistem Penghawaan Dalam Rumah Tinggal

Pentingnya Perencanaan Sistem Penghawaan Dalam Rumah Tinggal

Penghawaan merupakan elemen yang sangat penting dalam rumah tinggal. Dengan penghawaan yang baik rumah akan menjadi sehat dan terasa nyaman. Bagaimana merencanakan sistem penghawaan dalam rumah? Artikel berikut ini menjelaskan hal tersebut... [...]

Diposkan: 14 Nov 2017 Dibaca: 513 kali

Mengapa kita perlu memilih Desain Minimalis?

Mengapa kita perlu memilih Desain Minimalis?

Saat kita didalam rumah, kita melihat sofa, almari, rak TV, meja, dan sebagainya. Barang-barang tersebut dapat menjadi gangguan visual yang dapat mengakibatkan stress. Bahkan mungkin kita tidak perlu untuk melihat semua ruangan. Meja kerja yang berantakan sudah cukup untuk membuat kita stress. Hal i [...]

Diposkan: 23 Oct 2017 Dibaca: 420 kali

Pemilihan Bahan Penutup Atap

Pemilihan Bahan Penutup Atap

Bingung memiih bahan untuk penutup atap? Pertimbangan dari segi kekuatan, keawetan, biaya, dan sebagainya sangat penting. Baca dulu artikel berikut untuk menjawab kebingungan anda... [...]

Diposkan: 16 Jan 2017 Dibaca: 1326 kali

0 Komentar

* Nama
* Email
  Website
* Komentar Note: HTML tidak diterjemahkan!
Masukkan kata ke dalam box:
Arsigriya © 2019. Web by . All Rights Reserved