Rumah Bapak Ahmad -Bintuni, Papua Barat

Rumah dengan ukuran kecil harus di desain dengan banyak pertimbangan mulai dari fungsi ruang, peletakan ruang juga kebutuhan ruang agar penghuni rumah merasakan kenyamanan di dalam rumah. Memaksimalkan area rumah juga sangat penting untuk rumah dengan ukuran terbatas. Penggunaan furniture yang multifungsi merupakan salah satu cara untuk membuat ruang tidak menjadi sempit karena terlalu kebanyakan furniture.

Desain rumah kali ini milik bapak Ahmad yang berlokasi di Bintuni, Papua Barat. Dengan luas lahan sekitar 70m2 dan luas bangunan 36m2, dengan bentuk lahan yang simetris membuat penataan ruang didalam rumah menjadi mudah. Lingkungan sekitar rumah ini masih lahan kosong dengan pepohonan rindang di sekitarnya.

 Kebutuhan ruang pada rumah ini meliputi teras depan, ruang tamu yang juga difungsikan sebagai ruang keluarga, 2 kamar tidur, 1 kamar mandi, ruang makan, dapur dan ruang cuci jemur dibagian belakang. Pada bagian depan rumah terdapat taman kecil dengan carport disampingnya yang dapat menampung 1 mobil dan 1 motor. Pada bagian kiri rumah juga terdapat akses yang bisa menuju langsung ke area dapur maupun ruang cuci dan jemur.

Konsep rumah ini mengadopsi bentuk kontemporer dan dikombinasi dengan konsep minimalis, sehingga permainan dinding di bagian fasad dibuat sedemikian rupa. Pada bagian depan rumah kita menggunakan beberapa material yang mungkin sering kita jumpai. Penggunaan batu bata sebagai dinding roster di bagian depan rumah membuat kesan alami pada bangunan lebih terlihat. Pemilihan bahan kayu imitasi juga diaplikasikan di bagian fasad rumah, penggunaan material kayu imitasi bertujuan agar lebih tahan cuaca dan terhindar dari rayap sehingga dapat tahan lama. Penggunaan bahan alumunium pada kusen pintu dan jendela sebagai pengganti material kayu sehingga lebih awet dan tahan lama. Pada bagian fasad juga terdapat bidang dengan finishing acian biasa tanpa di cat yang bertujuan agar lebih natural apabila dipadukan dengan material kayu. Pada bagian atap kami menggunakan rangka atap baja ringan dan penutup atap menggunakan atap metal pasir.

 

Arsigriya © 2021. Web by . All Rights Reserved