Rumah Bapak Puji – Jakarta Timur

Desain Rumah Pak Puji ini berlokasi di Jakarta Timur. Luas tanah ± 143 m2, sedangkan luas bangunan lantai 1 ± 62 m2 dan lantai 2 ± 62m2. Bagian dalam rumah dibagi menjadi beberapa fungsi ruangan, antara lain: Ruang Tamu, Dapur, Kamar Mandi, Mushola, Ruang Keluarga, dan Kamar Tidur. Untuk bagian luar bangunan hanya ada Carport dan Taman. Penataan layout ruangan ini cukup simpel. Di Lantai 1 terdapat 2 kamar tidur dan di lantai 2 juga terdapat 2 kamar tidur. Antara ruang tamu dengan ruang keluarga terdapat sekat untuk menjaga privasi penghuni rumah. Mushola terletak di lantai 1 untuk memudahkan tamu jika mau sholat dirumah ini. Di bagian belakang ada taman yg berfungsi untuk mengatur sirkulasi udara agar suhu yang berada di dalam ruangan tetap terasa sejuk dan tidak panas. Selain itu, pencahayaan alami juga bias menerangi bagian dalam rumah. Rumah terletak di tengah-tengah lahan sehingga semua ruangan terdapat bukaan yang menghadap langsung keluar.
 

Rumah ini didesain dengan style rumah minimalis. Dimana ciri khas bentuk rumah minimalis sangat sederhana, hanya berbentuk simple dan permainan fasad bentuk persegi. Terdapat permainan pada atapnya sehingga tidak terkesan monoton. Atap menggunakan material genteng metal pasir dengan struktur baja ringan sehingga sudut kemiringan atap bias cukup landai, dan bagian bawahnya dilapis hilon insulation untuk meredam panas dan kebisingan suara air hujan.
 

Untuk pintu dan jendela menggunakan material aluminium. Sedangkan Pintu Utama menggunakan engineering door. Desain jendela pada rumah ini dominan berukuran besar dan lebar, hal ini dimaksudkan agar udara dan sinar matahari dapat dengan mudah masuk kedalam rumah dan sirkulasi udara didalam rumah bisa lebih baik. Dengan begitu, tingkat kelembaban didalam rumah akan selalu terjaga dan pencahayaan alami juga mampu memberi nilai lebih secara estetika. Pada bagian Kamar Tidur Depan, terdapat roster yang berfungsi sebagai secondary skin, sehingga privasi ruang tidur depan bias terjaga saat jendela terbuka.
 

Pemilihan warna pada fasad bangunan cenderung warna-warna soft. Fasad bangunan dominan permainan kombinasi warna abu-abu muda dan abu-abu tua . Pemberian detail pada eksterior bangunan hanya sederhana yaitu garis tegas topi-topi dengan warna putih yang memberikan kesan kontras. Di lantai 2 terdapat permainan kayu menggunakan material conwood sehingga ada kesan warm juga pada desain rumah ini.
 

Arsigriya © 2021. Web by . All Rights Reserved