Jangan Asal Pilih, Ini Bedanya Cat Interior dan Eksterior

Diposkan: 16 Sep 2020 Dibaca: 3436 kali


Cat adalah lapisan paling luar yang memberikan kesan indah pada dinding. Salah memilih cat bisa berdampak pada tampilan dinding terlalu gelap, mudah luntur, mudah lembab, dan banyak lagi lainnya. Rumah terdiri atas ruangan dalam dan ruangan luar, dimana jenis cat yang digunakan juga beda.

Cat luar adalah cat eksterior, daya tahannya harus mampu menangkal berbagai perubahan cuaca ekstrem. Bagian luar rumah akan lebih sering terpapar sinar matahari dan terkena jatuhan air hujan. Berbeda dengan bagian dalam rumah yang terlindung dari kedua fenomena alam tersebut.

Namun, tantangannya untuk cat interior adalah harus memiliki daya tahan yang besar terhadap kelembaban. Warna-warni cat, baik untuk interior rumah dan eksterior rumah bisa Anda pilih sesuai dengan selera. Ada yang menyukai warna-warna lembut dan ada yang menyukai warna terang.

Beda Cat Interior dan Cat Eksterior

Tidak terlepas dari berbagai hal yang dijelaskan di atas, cat interior dan eksterior memiliki detail perbedaan yang jelas. Apa saja? untuk cat interior yang hanya diperuntukan di dalam rumah, bukan jenis cat yang tahan terhadap paparan cahaya matahari, namun daya tahannya bagus terhadap jamur.

Cat interior berpotensi kecil mengalami kelembaban karena kandungan zat di dalamnya sudah didesain sedemikian rupa untuk mempercantik ruangan. Jika memilih jenis cat yang tepat, Anda akan lebih gampang membersihkan dinding ketika ada kotoran yang menempel atau coretan anak.

Sementara itu, untuk cat eksterior memiliki detail kandungan yang sangat baik terhadap paparan sinar matahari. Cat eksterior di tempatkan di dinding luar karena peranannya bukan hanya memperindah rumah, namun melindungi dinding dari ancaman keretakan oleh sinar matahari.

Kandungan minyak pada cat eksterior sangat tinggi sehingga membuat tampilan dinding rumah menjadi mengkilap. Dalam hal ini, kandungan cat eksterior berperan untuk mempercantik desain rumah melalui dinding yang tahan terhadap serangan cuaca ekstrem dan juga menarik saat dilihat.

Jangan sembarangan memilih cat, sebab berbeda jenis akan berbeda juga fungsinya. Tidak sekadar memperindah tembok, cat berperan melindungi tembok luar dalam.


Tags

Artikel Terkait

Ingin Pakai Atap Pelana? Perhatikan Dulu Plus Minusnya Disini!

Ingin Pakai Atap Pelana? Perhatikan Dulu Plus Minusnya Disini!

Selain atap batu bata dan spandek, ternyata pelana termasuk model yang cukup populer di Indonesia. Gaya atap ini terlihat sederhana, sehingga modelnya mudah dikenali. Ada 2 sisi miring yang umumnya ditopang oleh dinding berbentuk segitiga. Untuk strukturnya sendiri, biasanya atap pelana ini memanfa [...]

Diposkan: 08 Sep 2020 Dibaca: 1062 kali

Desain Kamar Mandi Minimalis

Desain Kamar Mandi Minimalis

Bingung membuat kamar mandi karena rumah tak begitu luas? Atau apakah Anda sedang mencari inspirasi desain kamar mandi minimalis ? Baik yang mau membuat baru ataupun sedang renovasi, Berapapun luasan kamar mandi, kini area ini tidak lagi sebagai ruang servis yang dipakai untuk membersihkan badan, ta [...]

Diposkan: 08 Jun 2020 Dibaca: 1901 kali

Desain Caffe Ditempat Yang Sempit

Desain Caffe Ditempat Yang Sempit

Kafe (Cafe) adalah tempat yang bisanya digunakan sebagai tempat untuk berkumpul atau sekedar bersantai untuk melepas lelah sehabis beraktivitas sambil pengunjung menikmati minum dan makan. Kafe biasanya menyediakan makanan dan minuman ringan sebagai hidangan hamper mirip dengan restaurant bedanya ca [...]

Diposkan: 28 May 2020 Dibaca: 3801 kali

Apa Itu Innercourt?

Apa Itu Innercourt?

Ada banyak cara yang dilakukan seseorang untuk membuat huniannya terasa nyaman dan menyenangkan, salah satunya dengan membuat innercourt. Mungkin bagi sebagian orang tak banyak yang mengetahui apa itu innercourt, seperti apa bentuk dan fungsinya. Innercourt adalah taman terbuka yang memang sengaja d [...]

Diposkan: 13 May 2019 Dibaca: 5263 kali

0 Komentar

* Nama
* Email
  Website
* Komentar Note: HTML tidak diterjemahkan!
Masukkan kata ke dalam box:
Arsigriya © 2024. Web by . All Rights Reserved

Fatal error: Call to a member function get() on null in /home/arsigriya/public_html/index.php on line 94