Jenis-jenis Taman Rumah

Diposkan: 29 Jul 2019 Dibaca: 350 kali


Keberadaan sebuah taman untuk tampilan interior maupun eksterior rumah sangatlah penting. Hal itu dikarenakan taman memiliki banyak fungsi diantaranya menjaga kualitas udara dan menciptakan suasana alami serta asri sehingga tampilan rumah tidak tampak gersang. Namun, hal pertama sebelum membangun taman kita pasti bingung menentukan taman jenis apa yang cocok dengan hunian kita. Berikut ada beberapa jenis taman yang bisa menjadi pilihan untuk kita terapkan pada hunian kita.

  1. Taman Jepang

Azaleas bloom, koi

Source : https://id.pinterest.com/pin/217298750742034746/

Tanaman yang digunakan kebanyakan berwarna hijau dan bertekstur halus seperti bonsai, beringin, bambu, rumput jepang, ophiopogon, cemara udang, dan kucai. Taman Jepang memiliki gayanya tersendiri yakni identik dengan adanya unsur air yang bisa berupa sungai kecil atau kolam ikan. Untuk ornamen menggunakan material dari alam seperti air mancur bambu, jembatan kayu, lentera batu, patung, dan batu besar agar memperkuat kesan alaminya.

  1. Taman Mediterania.

65+ MAGNIFICENCE FRONT YARD ROCK GARDEN LANDSCAPING DECOR IDEAS  #gardening #landscaping #landscapingideas

Source: https://id.pinterest.com/pin/691302611526242965/

Taman ini menggunakan tanaman tropis yang bertekstur keras tetapi memiliki ukuran yang tidak terlalu tinggi seperti pohon palem, kaktus, agave, yucas, pakis haji, dan nolina. Tanaman tersebut tergolong simple dan bentuknya lebih simetris serta sedikit memerlukan air sehingga perawatannyapun relatif mudah. Karena gayanya yang bernuansa kering dan panas, seringkali tanah ditutup dengan batu kerikil atau batu koral. Sedangkan ornamennya khas mediterania berwarna jingga, kuning, krem, atau natural yang bisa berupa pot dengan penyangga, pot-pot besar, atau patung.

  1. Taman Eropa.

Bunga

Source: https://id.pinterest.com/pin/810507264159045254/

Gaya taman Eropa menampilkan pola simetris, formal, dan desain cukup kompleks yang didominasi oleh tanaman berbunga warna-warni seperti bunga black eyed susan, echium, lavender, dan tulip yang hanya hidup di tempat bersuhu dingin. Untuk di Indonesia yang berhawa panas bisa menggunakan tanaman teh-tehan, pucuk merah, lantana, soka, bunga matahari, serut, dan gardenia sebagai penggantinya. Taman ini membutuhkan lahan yang luas untuk menempatkan ornamen khas eropa yang biasanya berupa patung-patung mewah atau air mancur.

  1. Taman Bali

Source : https://www.homify.co.id/photo/2920502/model-taman-bali

Tampilan taman ini memperlihatkan karakter yang kuat, rindang dan tradisional khas Bali. Konsep Bali ini terlihat dari ornamen yang menghiasinya seperti lampu taman beratap ijuk, patung-patung hindu, dan batang pohon yang dililit kain bermotif papan catur warna hitam-putih. Taman Bali menggunakan tanaman bunga kamboja dan bunga sepatu sebagai ciri khasnya. Tanaman jenis pisang-pisangan, pandan bali, bunga cempaka, bakung, teh-tehan, atau alamanda bisa juga diaplikasikan pada taman ini.

  1. Taman Minimalis

Source : https://id.pinterest.com/pin/436919601329152139/

Seringkali ditemukan pada area yang terbatas atau tidak begitu luas dengan tanaman yang sederhana, berukuran pendek, dan tidak terlalu beragam. Begitu pula dengan ornamennya mengikuti konsep minimalis. Taman minimalis bisa diterapkan di dalam rumah maupun outdoor disekitar rumah minimalis.

  1. Taman Kering

Taman kering

Source : https://id.pinterest.com/pin/859413541373934299/

Seperti namanya, jenis tanaman yang digunakan tidak memerlukan banyak air untuk tumbuh seperti tanaman kaktus, sikas, sansiviera, athurium dan lidah mertua. Taman kering tidak memiliki rumput seperti taman pada umumnya dan biasanya media tanah ditutupi dengan batu pecah, batu kerikil, batu koral, atau pasir sehingga penampilannya terlihat simple dan bersih. Hal itu juga akan mempermudah dalam hal perawatannya.

  1. Taman Vertikal

10+ INVENTIVE WAYS TO DECORATE INDOOR VERTICAL GARDEN #garden #gardening #gardeningideas

Source : https://id.pinterest.com/pin/726064771153038336/

Taman vertikal bisa menjadi alternatif  untuk membangun sebuah taman apabila tidak memiliki lahan yang luas. Taman ini memanfaatkan bidang tegak seperti dinding rumah atau pagar sebagai area taman. Apabila kita bisa menatanya dengan baik, taman ini dapat menambah kesan artistik dan unik pada sebuah hunian. Namun, tidak semua jenis tanaman bisa diaplikasikan pada taman ini. Beberapa contoh tanaman yang bisa diaplikasikan pada taman vertikal diantaranya tanaman soapwort, kuping gajah, sirih merah, lili paris, tanduk rusa, dan begonia.

  1. Taman Atap

Un loft avec terrasse à Tribeca - PLANETE DECO a homes world

Source : https://id.pinterest.com/pin/106819822397734410/

Taman atap memiliki tampilan yang sama dengan taman pada umumnya, hanya saja dibangun diatas bangunan atau lebih tepatnya atap bangunan. Taman ini bisa berfungsi sebagai sarana penghijauan, bercocok tanam, tempat bermain, atau bahkan bersantai. Maka  terkadang biasa dilengkapi juga dengan furniture seperti meja, kursi, atau sofa sesuai kebutuhan. Jenis tanaman dapat menggunakan tanaman berbunga atau berbatang lunak dan keras diantaranya bunga mawar, melati, aracea, lili paris, bougenvile, dan kamboja. Untuk bercocok tanam dapat menggunakan tanaman aneka sayuran, buah, obat, atau bumbu.


Tags

Artikel Terkait

Tips Perpaduan Warna Pink Untuk Interior Rumah

Tips Perpaduan Warna Pink Untuk Interior Rumah

Memilih warna untuk interior ruangan memang harus dilakukan secara teliti, sebab warna memiliki pengaruh yang kuat terhadap perasaan seseorang. Untuk ruangan yang memiliki ukuran kecil atau sempit,pemilihan warna dimaksudkan untuk memberikan kesan luas terhadap ruangan. [...]

Diposkan: 01 Feb 2019 Dibaca: 988 kali

Tips Mencari Lahan Untuk Dibangun Rumah Tinggal

Tips Mencari Lahan Untuk Dibangun Rumah Tinggal

Ketika anda memutuskan untuk membeli tanah yang akan anda pakai untuk membangun rumah impian Anda, pertimbangkan dulu beberapa hal yang penting terkait dengan itu. Karena membeli sebuah properti berupa tanah yang akan anda bangun sebuah rumah untuk anda tinggali sendiri, akan anda pakai untuk jangka [...]

Diposkan: 11 Aug 2018 Dibaca: 515 kali

Agar Suasana Rumah Menyenangkan

Agar Suasana Rumah Menyenangkan

Bosan dan suntuk dirumah? Atau bahkan sering merasakan emosi negatif? Mungkin anda perlu membaca artikel ini untuk membuat suasana dirumah menjadi menyenangkan... [...]

Diposkan: 14 Jan 2017 Dibaca: 685 kali

Struktur dan Konstruksi Bangunan Perumahan

Struktur dan Konstruksi Bangunan Perumahan

Ingin membeli rumah di Perumahan? Harap hati-hati dalam memilih perumahan. Kenapa? Baca dulu artikel berikut... [...]

Diposkan: 14 Jan 2017 Dibaca: 784 kali

0 Komentar

* Nama
* Email
  Website
* Komentar Note: HTML tidak diterjemahkan!
Masukkan kata ke dalam box:
Arsigriya © 2019. Web by . All Rights Reserved