Masjid Taqwa Pujorahayu – Belitang Sumatera Selatan

Masjid luas berlantai satu yang berdiri di atas lahan memanjang dengan luas total sekitar 1.680 m2 ini milik Bapak Suhendro yang berlokasi di Belitang, Kabupaten Oku Timur, Sumatera Selatan. Bangunan masjid ini berukuran 25x35 meter memiliki beberapa ruang diantaranya selasar, ruang sholat, tempat wudhu wanita, tempat wudhu pria, 2 km/wc wanita, dan 2 km/wc pria. Ruang sholat yang tersedia cukup luas,  sekitar ±450 m2.

Karena bangunan masjid yang besar dan luas kami menempatkan tiga entrance, yakni masing-masing di bagian kanan, kiri, dan depan masjid. Kemudian untuk tempat wudhu sekaligus kamar mandi terdapat di area belakang, masing- masing berada di kanan dan kiri bangunan. Untuk pria di sebelah kanan, sedangkan untuk wanita di sebelah kiri. 

Pada area tempat wudhu diberi roster beton berukuran 20x20 cm yang berfungsi sebagai sirkulasi udara sekaligus penambah estetika bangunan. Pintu dan jendela pada bangunan utama kami desain dengan ukuran yang lebih lebar dan tinggi untuk memudahkan cahaya matahari dan udara masuk secara optimal sehingga ruang yang ada di dalam terlihat lebih terang dan tidak pengap.

Desain masjid ini sederhana, namun agar tampilan fasad tidak terlihat biasa saja kami mengolahnya dengan mendesain sirip-sirip lengkung vertikal, mirip huruf V terbalik di bagian samping dan depan masjid dengan ukuran yang simetris antara kanan dan kiri. Selain sebagai estetika dan ciri khas bangunan masjid, sirip-sirip lengkung tersebut berfungsi untuk menahan tampias air hujan dan menyaring sinar matahari. Perpaduan material keramik dan batuan alam kami aplikasikan pada tampilan eksterior masjid. Material yang digunakan diantaranya granite tile berukuran 60x60 cm, keramik kasar berukuran 30x30 cm, dan batu palimanan. 

Penggunaan granite tile dimaksudkan untuk memberikan kesan mewah dan elegan, ditambah dengan batu palimanan yang membalut kolom-kolom masjid semakin membuat tampilan tampak megah dan kokoh. Keramik kasar disusun berbentuk belah ketupat untuk membuat tampilan fasad lebih cantik dan menarik sehingga tidak terkesan monoton. Penempatan planter box bermaterial batu palimanan yang apik di setiap kolom selasar dilengkapi tanaman hijau menciptakan kesan sejuk dan rapi. Warna cat yang diaplikasikan pada masjid merupakan kombinasi warna biru dan putih.

Masjid ini beratapkan cor dag beton dengan lapisan water proofing dan dilengkapi kubah utama yang berada di atas ruang sholat tepat di tengahnya dan dua kubah anak sebagai penunjang kubah utama terletak di bagian depan berada di sebelah kanan dan kiri . Atap cor dag pada bangunan utama dibuat lebih tinggi daripada atap cor dag selasar untuk menciptakan variasi bentuk tampilan masjid. Kubahnya menggunakan material ornament panel yang saat ini sedang tren dan diminati karena bentuk motifnya dapat kita sesuaikan. 

Ornament panel pada masjid ini membentuk motif-motif cantik dengan warna dominan kuning dan diselingi warna biru. Penambahan lis dengan warna putih di sekeliling cor dag beton untuk mempercantik tampilan dan memberikan kesan bersih dan elegan. Adanya taman minimalis di depan masjid juga membuat tampilan fasad tidak gersang dan lebih asri. Sisa lahan yang difungsikan sebagai tempat parkir lumayan luas, tentunya cukup untuk menampung banyak kendaraan.

 



Arsigriya © 2019. Web by . All Rights Reserved