Kolam Renang - Ibu Ummah - Jombang, Jawa Timur

Klien kami ini berasal dari Jombang, Jawa Timur. Beliau bernama Ibu Ummah. Ibu Ummah menghubungi kami untuk mendesain kolam renang pada sisa lahan disamping rumahnya. Ukuran lahan untuk pembuatan kolam renang ini 20x4m, namun Ibu Ummah hanya menginginkan kolam renang tersebut berukuran 3x10m. Sisa lahan tersebut kami manfaatkan sebagai are apendukung seperti adanya gazebo untuk istirahat, tempat untuk berbilas (mandi), serta taman.

Desain kolam renang ini cenderung Minimalis sesuai dengan permintaan Ibu Ummah. Kolam renang Minimalis dipilih karena kolam ini mengutamakan fungsi dan kebutuhan saja, selain itu pembuatan dan perawatannya pun bisa disesuaikan dengan bujet. Kolam renang ini berukuran 3x10m dengan kedalaman 120cm. Selain itu kolam renang ini didukung dengan adanya penambahan 2 jenis tangga yang berbeda. Di sisi samping Pool deck digunakan tangga yang terbuat dari keramik, sedangkan untuk sisi sebaliknya yang bersebelahan dengan area bilas digunakan tangga yang terbuat dari stainless steel.

Sistem sirkulasi air pada kolam renang ini menggunakan sistem Skimmer. Sistem skimmer dipilih karena merupakan sistem kolam renang yang paling simple, mudah dibuat dan tidak membutuhkan space lahan yang luas. Sistem ini hanya dibantu dengan sebuah skimmer dan 1 buah lubang sirkulasi bawah yang disebut juga dengan istilah maindrain. Maindrain berfungsi untuk menarik air dari kolam menuju mesin lalu dikembalikan kedalam kolam melalui inlet.

Sisa lahan di samping kanan dan kiri kolam renang di manfaatkan sebagai taman. Hal tersebut dimaksudkan agar nantinya kolam renang ini tetep sejuk ketika siang hari. Vegetasi tersebut kami tempatkan pada planter box. Desain planter box ini menggunakan finishing batu andesit. Planter box yang menempel pada bibir kolam renang kami desain dengan memadukan konsep air mancur. Suara gemericik dari air mancur yang ada pada kolam renang ini nantinya diharapkan  bisa memberikan ketenangan pada penggunan.

Selain itu, area sekitar kolam renang ini terdapat teras atau pool deck. Pool deck ini menggunakan lantai dengan batu granit kasar yang bertujuan supaya lantai sekitar kolam renang ini tidak licin. Selain itu terdapat teras kolam renang yang digunakan sebagai gazebo. Lantai kayu pada gazebo ini digunakan kayu Bengkirai. Kayu bengkirai dipilih karena memiliki tingkat kekerasan yang hampir sama dengan kekerasan kayu Ulin, sehingga bisa dikategorikan kayu yang baik dengan harga yang lebih murah. Disamping teras gazebo ini di buat taman minimalis berukuran 2,5x4m dengan berbagai macam jenis vegetasi sehingga dapat menjadikan kolam renang ini tampak lebih asri.

Pada sisi sebaliknya ini, terdapat taman 2,4x4m dengan adanya area bilas. Area bilas atau area shower ini berukuran 1,5x1,75m dengan desain menggunakan batu alam dan batu andesit. Disamping kolam renang ini terdapat jalan sepatak dengan perkerasan grassblock sebagai penghubung antara kedua taman ini.



Arsigriya © 2020. Web by . All Rights Reserved