Partisi Ruang

Diposkan: 13 Jun 2019 Dibaca: 799 kali


Partisi ruang atau room divider merupakan suatu bidang yang digunakan untuk memisahkan atau menyekat satu ruangan dengan ruang yang lainnya tapi tidak secara permanen. Hal ini bertujuan agar partisi bisa dipindah sewaktu-waktu membutuhkan ruangan yang luas untuk acara keluarga maupun lainnya. Karena sifatnya yang praktis dan tingkat fungsionalnya tinggi, kini banyak orang memilih menggunakan partisi sebagai pengganti dinding permanen. Selain sebagai penyekat ruang, partisi juga berfungsi sebagai aksen dekoratif untuk mengkonsep interior seperti backdrop sehingga keberadaanya membuat kesan ruangan lebih hidup, kesan kosong dapat dihindari dengan hadirnya backdrop tersebut. Berikut beberapa partisi yang biasa digunakan :

1. Partisi Ruangan Minimalis.

Source : https://id.pinterest.com/pin/574420127467993179/

2. Partisi Ruangan Berbentuk RakBiasanya memiliki bentuk yang lebih sederhana, sesuai dengan prinsip minimalisme itu sendiri. Tampilannya pun terbilang unik dan artistik menjadikannya sebagai elemen tambahan yang mempercantik ruangan. Selain itu partisi minimalis juga tidak akan menyita banyak tempat.

Source : https://id.pinterest.com/pin/354728908143150525/

Selain berfungsi sebagai pembatas, partisi berbentuk rak bisa menambah fungsionalitas dan keartistikan suatu ruangan. Anda bisa mengisi rak dengan buku, foto, maupun pajangan. Dengan begitu barang-barang dapat terorganisir dengan baik dan rapi. Partisi ruangan berbentuk rak dibuat dengan banyak varian, bentuk, motif, serta beragam bahan. Mulai dari berbentuk kotak, bulat, bahkan dengan bentuk yang terkesan tanpa aturan.

3. Partisi Ruangan Fleksibel.

           

Source : http://www.tourrumahminimalis.com/contoh-partisi-sekat-ruang-tamu-minimalis-yang-moderen-dan-mewah/

Partisi geser atau lipat bisa menjadi pilihan yang tepat bagi Anda yang menginginkan pembatas yang mudah dipindah atau digunakan di ruangan lain. Desainnya yang ramping memungkinkan untuk menciptakan area-area baru di sudut ruang. Selain itu, partisi ruangan ini bisa dilipat dan disimpan sehingga kegunaannya bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

4. Partisi Ruangan dengan Cermin atau Kaca.

Source : https://id.pinterest.com/pin/383720830739513515/

Bagi Anda yang memiliki ruangan sempit bisa mensiasatinya dengan menggunakan partisi susunan bentuk geometri yang terbuat dari metal dan diberi tambahan cermin. Kehadiran cermin akan membuat ruangan sempit terlihat lebih luas dan lega.

5. Partisi Ruangan dengan Tirai Dekoratif.

Source : https://id.pinterest.com/pin/116178865373583816/

Pemanfaatan tirai atau gorden sebagai partisi ruangan sangat cocok bagi Anda yang ingin meminimalisir budget. Tirai atau gorden tidak hanya memberikan kesan simple namun elegan. Selain karena cukup ringan dan menghemat tempat, sekat dengan tirai juga akan membuat ruangan terlihat lebih luas. Anda bisa mengkombinasikannya mulai dari warna tirai, tirai transparan, hingga tirai berpola.

6. Partisi Ruangan dari Batang Bambu.

Source : https://media.rooang.com/2017/04/teduhnya-ruangan-dengan-partisi-dari-bambu/

Bambu bisa menjadi pilihan sebagai material sekat ruang untuk menghidupkan kesan etnis dan alami pada ruangan Anda. Umumnya partisi bambu dikombinasikan dengan bingkai kayu untuk menambah kesan kuat. Anda bisa menyusunnya dengan pola yang rapi ataupun acak dengan sudut kemiringan dan diameter berbeda untuk menciptakan bermacam-macam gaya dan suasana ruangan.

7. Partisi Ruangan dari Tanaman.

Source : https://www.arsitag.com/article/8-ide-mendekorasi-ruang-tamu-dengan-tanaman-hias

Tanaman juga bisa dijadikan sebagai penyekat yang membuat suasana ruang menjadi asri, sejuk, dan lebih menarik. Anda hanya perlu menaruh tanaman pot di rak tanaman atau menggantung tanaman pot. Tanaman yang digunakan bisa berupa bunga warna-warni, tanaman obat ataupun tanaman yang bisa digunakan untuk memasak. Tentunya ruang yang dipasangi partisi ini harus mendapatkan sinar matahari yang cukup sehingga tanaman bisa tumbuh dengan subur.

8. Partisi Ruangan Dinding Gypsum.

Source : https://www.pagarbesi.com/partisi-gypsum-rumah.html

Partisi dinding gypsum umumnya digunakan pada bangunan perkantoran, tapi kini telah biasa digunakan pada hunian modern sebagai pembatas ruang sekaligus dekorasi cantik yang fungsional. Gypsum sendiri memiliki beberapa kelebihan, diantaranya tahan api, tahan kelembaban, tahan benturan, serta mudah dan cepat untuk dipasang.


Tags

Artikel Terkait

Perbedaan Clear Glass, tempered Glass, dan Laminated Glass

Perbedaan Clear Glass, tempered Glass, dan Laminated Glass

Kaca merupakan salah satu material bangunan yang memiliki banyak fungsi baik dari segi penunjang estetika maupun fungsi terhadap ruang tertentu. Kaca yang digunakan untuk bangunan khususnya rumah tinggal cukup beragam. Berikut adalah macam dan jenis kaca yang biasa beredar di pasaran : [...]

Diposkan: 11 May 2019 Dibaca: 1139 kali

Perawatan Dinding

Perawatan Dinding

Dinding rumah yang terawat tidak hanya membuat tampilan menjadi cantik dan indah, namun juga memberikan perasaan nyaman dan aman bagi sang penghuni rumah. Oleh sebab itu sebelum rumah Anda mulai menampakkan tanda-tanda kerusakan, lebih baik Anda merawatnya dari mulai sekarang. Namun, ada hal yang pe [...]

Diposkan: 18 Apr 2019 Dibaca: 245 kali

Rumah Toko (Ruko)

Rumah Toko (Ruko)

Ruko atau singkatan dari rumah toko adalah suatu bangunan yang memiliki fungsi ganda sebagai sarana tempat tinggal dan area untuk berbisnis, dimana keduanya tidak boleh saling mengganggu dan masing masing kepentingan memiliki porsi yang sama kuatnya. Ruko menjadi solusi praktis bagi seseorang yang i [...]

Diposkan: 16 Apr 2019 Dibaca: 469 kali

Tahapan Mendesain Hunian

Tahapan Mendesain Hunian

Dalam proses mendesain rumah tentunya terdapat beberapa tahapan yang harus dilakukan agar tercipta sebuah desain yang nyaman dan aman serta memiliki unsur estetika dan sesuai dengan kebutuhan masing-masing penghuni rumah. [...]

Diposkan: 25 Feb 2019 Dibaca: 329 kali

Pentingnya Perencanaan Sistem Penghawaan Dalam Rumah Tinggal

Pentingnya Perencanaan Sistem Penghawaan Dalam Rumah Tinggal

Penghawaan merupakan elemen yang sangat penting dalam rumah tinggal. Dengan penghawaan yang baik rumah akan menjadi sehat dan terasa nyaman. Bagaimana merencanakan sistem penghawaan dalam rumah? Artikel berikut ini menjelaskan hal tersebut... [...]

Diposkan: 14 Nov 2017 Dibaca: 542 kali

Struktur dan Konstruksi Bangunan Perumahan

Struktur dan Konstruksi Bangunan Perumahan

Ingin membeli rumah di Perumahan? Harap hati-hati dalam memilih perumahan. Kenapa? Baca dulu artikel berikut... [...]

Diposkan: 14 Jan 2017 Dibaca: 796 kali

0 Komentar

* Nama
* Email
  Website
* Komentar Note: HTML tidak diterjemahkan!
Masukkan kata ke dalam box:

Blog Categories

Search Article




Arsigriya © 2019. Web by . All Rights Reserved