Rumah Toko (Ruko)

Diposkan: 16 Apr 2019 Dibaca: 469 kali


 

Gambar terkait

Source: https://2017age.blogspot.com/2018/01/gambar-rumah-ruko-modern.html

Ruko atau singkatan dari rumah toko adalah suatu bangunan yang memiliki fungsi ganda sebagai sarana tempat tinggal dan area untuk berbisnis, dimana keduanya tidak boleh saling mengganggu dan masing masing kepentingan memiliki porsi yang sama kuatnya. Ruko menjadi solusi praktis bagi seseorang yang ingin mengembangkan usaha mandiri di rumah karena lebih menghemat biaya, tenaga, dan waktu dibandingkan jika tempat usaha dengan rumah terpisah atau berjauhan. Pemilik ruko tak lagi harus naik kendaraan sehingga mengurangi biaya operasional sehari-hari.

Untuk efisiensi space biasanya ruko dibangun bertingkat terdiri dari 2 lantai atau lebih tergantung kebutuhan sang pemilik. Pada lantai dasar sering digunakan sebagai tempat usaha dan lantai berikutnya sebagai tempat tinggal layaknya hunian biasa, dimana terdapat kamar-kamar dan beberapa ruang di dalammya.

Bagi Anda yang ingin mendirikan ruko ada beberapa tips dalam hal mendesain dan membangun ruko sebagai berikut :

  1. Perhatikan lokasi pembanguanan ruko.

Source : https://www.frideas.co.id/contoh-desain-ruko-2-lantai-yang-modern/

Jika Anda ingin membangun sebuah ruko carilah lokasi yang strategis untuk mendukung usaha Anda. Misalnya di sekitar area pasar, kampus, perkantoran, sekolah atau lokasi ramai lainnya. Lokasi yang strategis turut menentukan kesuksesan toko Anda. Analisis apakah lokasi ruko sudah sesuai dengan target market Anda, sehingga mudah untuk diakses oleh konsumen.

  1. Izin mendirikan bangunan.

Sebelum membangun ruko, ada baiknya sudah mengantongi Ijin Mendirikan Bangunan (IMB). Dengan adanya IMB Anda akan merasa nyaman dan tidak was – was lagi karena sudah memenuhi persyaratan untuk mendirikan bangunan sesuai dengan peraturan pemerintah.

  1. Bangunan ruko lebih dari dua lantai.

Hasil gambar untuk desain ruko 3 lantai

Source : https://mentessobredotadas.blogspot.com/2014/05/desain-ruko-minimalis-3-lantai-tahun.html

Kebanyakan ruko dibangun lebih dari satu lantai, mungkin dua atau tiga lantai bahkan lebih. Hal ini bertujuan agar lantai dasar difungsikan khusus untuk toko atau usaha saja, sementara lantai diatasnya bisa untuk hunian. Dengan begitu, pengunjung toko tidak akan merasa risi keluar masuk area toko tanpa mengganggu privasi pemiliknya.

  1. Perhatikan batas antara bangunan ruko dengan jalan.

Gambar terkait

Source : https://www.dekoruma.com/artikel/62601/desain-ruko-minimalis

Umumnya jarak antara bangunan ruko dan jalan raya berkisar antara 5 dampai 7 meter. Penempatan jarak tersebut untuk mengantisipasi jika nanti terjadi pelebaran jalan. Dengan begitu, pada saat terjadi pelebaran jalan Anda tidak perlu membongkar bangunan. 

  1. Optimalkan pencahayaan dalam ruko.

Toko yang penuh dengan barang dagangan malah akan terlihat gelap dan minim pencahayaan. Sebaiknya taruh barang dagangan secukupnya saja, jangan terlalu banyak  supaya toko terlihat luas, bersih, dan pengunjungpun akan merasa nyaman. Selain itu, lengkapi juga pencahayaan yang optimal agar toko terlihat terang dan lebih hidup.

  1. Tempat parkir yang luas.

Hasil gambar untuk desain ruko minimalis

Source : http://modelrumahminimalis2.blogspot.com/2017/04/70-model-desain-ruko-minimalis-modern.html

Ruko harus bisa menyediakan lahan tempat parkir yang luas sehingga pengunjung yang ingin datang tidak harus kerepotan mencari tempat untuk memarkir kendaraan mereka. Lebih baik lagi jika dilengkapi dengan atap agar kendaraan yang parkir tidak kehujanan atau kepanasan.


Tags

Artikel Terkait

Tahapan Mendesain Hunian

Tahapan Mendesain Hunian

Dalam proses mendesain rumah tentunya terdapat beberapa tahapan yang harus dilakukan agar tercipta sebuah desain yang nyaman dan aman serta memiliki unsur estetika dan sesuai dengan kebutuhan masing-masing penghuni rumah. [...]

Diposkan: 25 Feb 2019 Dibaca: 329 kali

Menempatkan Barang-barang Koleksi

Menempatkan Barang-barang Koleksi

Anda termasuk orang yang hobi mengkoleksi barang-barang? Apakah barang-barang yang anda koleksi termasuk barang besar yang memakan tempat? Bagaimana menempatkan barang koleksi sehingga tidak mengganggu kegiatan yang ada di sebuah ruangan? [...]

Diposkan: 17 Feb 2018 Dibaca: 536 kali

Pentingnya Perencanaan Sistem Penghawaan Dalam Rumah Tinggal

Pentingnya Perencanaan Sistem Penghawaan Dalam Rumah Tinggal

Penghawaan merupakan elemen yang sangat penting dalam rumah tinggal. Dengan penghawaan yang baik rumah akan menjadi sehat dan terasa nyaman. Bagaimana merencanakan sistem penghawaan dalam rumah? Artikel berikut ini menjelaskan hal tersebut... [...]

Diposkan: 14 Nov 2017 Dibaca: 542 kali

Sekilas Tentang Arsitektur Mediterania

Sekilas Tentang Arsitektur Mediterania

Mungkin anda sering mendengar gaya arsitektur mediterania. Istilah tersebut sangat familiar di Indonesia, terkait dengan gaya arsitektur rumah tinggal. Namun mungkin sebagian besar dari anda belum mengenal sepenuhnya apa itu gaya Mediterania. [...]

Diposkan: 24 Oct 2017 Dibaca: 669 kali

Mengapa kita perlu memilih Desain Minimalis?

Mengapa kita perlu memilih Desain Minimalis?

Saat kita didalam rumah, kita melihat sofa, almari, rak TV, meja, dan sebagainya. Barang-barang tersebut dapat menjadi gangguan visual yang dapat mengakibatkan stress. Bahkan mungkin kita tidak perlu untuk melihat semua ruangan. Meja kerja yang berantakan sudah cukup untuk membuat kita stress. Hal i [...]

Diposkan: 23 Oct 2017 Dibaca: 447 kali

Struktur dan Konstruksi Bangunan Perumahan

Struktur dan Konstruksi Bangunan Perumahan

Ingin membeli rumah di Perumahan? Harap hati-hati dalam memilih perumahan. Kenapa? Baca dulu artikel berikut... [...]

Diposkan: 14 Jan 2017 Dibaca: 795 kali

0 Komentar

* Nama
* Email
  Website
* Komentar Note: HTML tidak diterjemahkan!
Masukkan kata ke dalam box:
Arsigriya © 2019. Web by . All Rights Reserved