Rumah Bapak Adji - Jakarta


Proyek kali ini Tim ArsiGriya Arsitek mendapatakan kesempatan untuk mendesain rumah di kawasan Jakarta. Lokasi site dengan luasan kurang lebih 152 m2 dengan ukuran tanah 19x8 meter. Site membentang dari sisi timur ke barat, dan tepat di persimpangan jalan. Dan yang menjadi tantangan Tim ArsiGriya pada proses perencanaan kali ini yaitu site yang berada di kedalaman 1,5 meter dari permukaan jalan.
 

Secara fungsi umum projek kali ini menggunakan konsep mix-used building yang mengartikan bangunan memiliki dua fungsi yaitu sebagai hunian/rumah tinggal dan pemondokan/kost. Pada bagian depan di jadikan sebagai rumah tinggal owner, kemudian area belakang dijadikan pemondokan. Sedangkan secara penampilan bangunan, konsep yang digunakan adalah perpaduan modern dan budaya. Pemeberian aksen bata ekspose pada penampilan bangunan memberi kesan bangunan memiliki nilai budaya, sedangkan implementasi modern dengan menggunakan warna warna yang bersih, penggunaan material seperti kusen almunium, railing besi dan kaca dan juga kisi kisi untuk di area teras.
 

Dikarenakan site bangunan yang ada di bawah jalan raya, maka bangunan menggunakan semi basement pada lantai dasar. Pemilihan menggunakan semi basement dikarenakan kedalaman site dari jalan raya yang cukup dalam, dan juga pengadaan tanah urug di lokasi yang mahal. Pada area basement di fungsikan sebagai area parkir dan area pantry untuk penghuni kost.
 

Untuk lantai dua dan lantai tiga,pada area belakang di fungsikan sebagai kamar kost. Terdapat 3 kamar kost pada lantai 2 dan 3 kamar kost di lantai 3. Fasilitas yang diberikan pada setiap kamar kostnya yaitu kamar mandi dalam, pantry kecil, kasur dan terdapat balkon. Untuk akses vertical bangunan di bedakan menjadi dua jalur untuk penghuni kost dan penghuni rumah.
 

Pada area hunian, basement dijadikan sebagai parkir mobil dan gudang. Untuk lantai diatasnya dijadikan sebagai area teras, kamar mandi, ruang keluarga dan ruang dapur. Pada lantai  tersebut ruang di desain minim menggunakan penyekat agar terlihat lebih luas. Dan untuk lantai 2 di fungsikan sebagai 2 kamar tidur dan ada ruang santai.

Arsigriya © 2022. Web by . All Rights Reserved