Rumah dan Kos Bapak Farid - Yogyakarta

Sebelum memasuki proses desain dilakukan survey  lokasi untuk mendapatkan ukuran luas tanah yang valid serta untuk melihat kondisi eksisting baik di dalam site maupun di sekitar site. Setelah melakukan pengukuran, didapatkan ukuran dengan luas total lahan sekitar ± 489 m2. Site menghadap ke arah timur, di sisi kanan, kiri dan belakang site sudah terdapat bangunan rumah warga.

Jika melihat ukuran site yang cukup luas, klien menginginkan untuk membangun rumah tinggal 2 lantai dan kost 2 lantai dengan style modern tropis. Terdapat beberapa request khusus dari klien yaitu layout ruang tamu dan ruang keluarga tanpa menggunakan sekat, tangga untuk naik ke lantai 2 diusahakan agar tidak terlihat secara langsung dari pintu utama, musholla dilengkapi dengan tempat wudhu, kamar utama dengan ukuran cukup luas di lantai 1 serta dilengkapi dengan kamar mandi dalam, posisi kloset yang tidak menghadap atau membelakangi kiblat, selain itu klien meginginkan agar terdapat kolam ikan di teras belakang rumah. Untuk desain kost, klien menginginkan agar terdapat void di tengah sehingga cahaya dan sirkulasi udara tetap dapat masuk ke dalam bangunan kost. Selain itu, diushakan agar terdapat space untuk parkir mobil bagi penghuni kost. Sesuai dengan request dari klien, maka kami putuskan untuk membagi site menjadi 2 bagian yaitu untuk rumah  dengan lebar ± 10 meter dan untuk kost dengan lebar ± 7 meter.

Kebutuhan ruang yang diajukan oleh klien adalah sebagai berikut :

  • LANTAI 1 RUMAH
  1. Carport
  2. Garasi
  3. Teras Depan
  4. R. Tamu
  5. R. Keluarga
  6. Kamar Tamu
  7. R. Makan
  8. Pantry
  9. Dapur
  10. Musholla + Tempat Wudhu
  11. Kamar Utama
  12. Kamar PRT
  13. KM/WC
  14. Teras Belakang
  • LANTAI 2 RUMAH
  1. Balkon Depan
  2. Kamar Tidur (2)
  3. Kamar Tidur (1) + KM Dalam + Walk in Closet
  4. KM/WC
  5. Void Tengah
  6. Tempat Cuci
  7. Tempat Jemur
  8. Balkon Belakang
  • LANTAI 1 KOST
  1. Garasi
  2. Ruang Tamu
  3. 4 Kamar Tidur + KM Dalam
  • LANTAI 2 KOST
  1. Ruang Tamu
  2. 4 Kamar Tidur _ KM Dalam
  3. Tempat Cuci
  4. Tempat Jemur

Setelah mendapatkan list kebutuhan ruang, maka kami segera melakukan analisa untuk menentukan layout denah dan penempatan ruang sesuai dengan kebutuhan ruang yang diajukan klien. Pada tahap ini dibutuhkan beberapa kali diskusi dengan klien untuk mendapatkan titik temu. Lamanya proses diskusi pada tahap pembuatan denah kurang lebih 1 bulan.

Proses diskusi sangat diperlukan dalam sebuah tahapan desain. Setelah melewati tahapan pembuatan denah, dilanjutkan dengan proses pembuatan gambar 3D, komunikasi dengan klien se-intens mungkin dapat memudahkan dalam pembuatan gambar 3D sehingga sesuai dengan keinginan klien. Ketika gambar 3D dirasa sudah cukup sesuai dengan keinginan klien maka dilanjutkan pada tahap berikutnya yaitu pembuatan gambar kerja dan perhitungan Rencana Angaran Biaya (RAB). 

Beberapa solusi yang kami berikan untuk desain rumah tinggal dan kost milik Bapak Farid ini adalah penambahan void berupa taman di dalam rumah yang berfungsi sebagai akses untuk sirkulasi udara dan pencahayaan alami. Selain itu, kami juga menyarankan adanya pemisahan akses PRT ke lantai 2, untuk PRT dibuatkan akses tangga putar di bagian belakang rumah sehingga aktivitas yang berkaitan dengan servis di lantai 2 tidak perlu melewati tangga dalam rumah.



Arsigriya © 2022. Web by . All Rights Reserved