Rumah Bapak Khusaeri - Pontianak

Desain ini merupakan Rumah Tinggal milik Bapak Khusaeri yang berlokasi di Pontianak, Kalimantan Barat. Rumah Tinggal ini berdiri diatas lahan seluas 360 meter persegi dengan total luas bangunan  200 meter persegi untuk rumah satu lantai. Lokasi untuk rumah ini terletak berdekatan dengan pantai, untuk itu rumah di tinggikan sekitar 60 cm dari permukaan tanah untuk menghindara air pasang laut. Rumah ini di desain dengan konsep modern tropis.

Rumah tinggal Bapak khusaeri terdidi dari beberapa ruang yang disesuaikan dengan permintaan dari Bapak Khusaeri sendiri diantara nya ruang tamu, ruang keluarga, musholla, dapur, tiga buah kamar tidur anak, satu kamar tidur utama dengan kamar mandi dalam, satu kamar mandi luar, teras belakang rumah, carport, ruang cuci dan jemur pakaian, dan garasi mobil. Semua ruangan tersebut ditata sedemikian rupa agar saling berintegrasi dan juga menyatu satu sama lain.

Desain rumah Bapak Khusaeri di dominasi oleh warna abu – abu yang terlihat pada cat tembok rumah dan pada pemakaian warna abu pada cladding batu alam. Selain itu terdapat motif cetak krawangan dengan material GRC pada beberapa sisi di bagian fasad rumah dan juga pada tembok pagar rumah.

Kemudian untuk warna aksen lain yaitu pemberian warna kayu pada bagian pagar dan entrance rumah. Pemakaian material kayu untuk memperkuat konsep tropis pada rumah. Selain itu pemakaian kusen – kusen jendela dengan material kayu dan pada daun pintu menggunakan material kayu solid. Selain itu penggunaan topi – topi pada jendela rumah untuk mempertegs konsep tropis itu sendiri.

Penggunaan struktur atap yaitu menggunakan  atap limasan untuk atap utama nya dan juga atap miring dengan kemiringan 15 derajat pada sisi samping – samping rumah. Hal ini merupakan permintaan dari klien yang tidak menginginkan adanya banyak lekukan pada atap limasan.

Pada bagian belakang rumah terdapat teras rumah belakang untuk bersantai keluarga dengan adanya meja teras yang berhadapan langsung dengan dapur rumah. Tembok dapur selain difungsikan sebagai pembagi ruang antara dapur  dan juga teras luar juga difungsikan menjadi meja teras belakang dengan adanya jendela yang dapat dibuka agar menjadi meja teras. Hal itu bertujuan untuk mendapatkan ruang yang efisien dan juga meminimalisir penggunaan furniture yang berlebihan.

Selain itu pemakaaian roster sebagai dinding dengan celah celah angin untuk memaksimalkan masuk nya udara dari luar dan juga panas dari luar untuk aktivitas menjemur pakaian.



Arsigriya © 2022. Web by . All Rights Reserved