Rumah Bapak Feris - Malang, Jawa Timur

Klien kami kali ini berasal dari Malang, Jawa Timur. Beliau bernama bapak Feris. Beliau menghubungi kami untuk mendesain ulang fasad rumah tinggalnya. Pak Feris memiliki 2 kavling rumah yang berbentuk mirror. Beliau ingin menjadikan 2 fasad rumah menjadi 1 rumah. Bagian taman dan carport kedua rumah tersebut dialih fungsikan menjadi carport, taman serta teras depan dengan ukuran yang lebar.

Teras ini di letakkan pada sisi samping. Karena teras ini nantinya akan di jadikan tempat berwirausaha sehingga beliau meminta ukuran teras yang lebar dan dapat langsung diakses orang lain tanpa harus melewati area carport dan taman. Pada bagian teras diberi pintu gerbang tersendiri yang hanya dapat diakses oleh pejalan kaki. Pintu gerbang ini berbentung slidding door dengan material besi hollow ukuran 4x4cm yang dikombinasikan dengan lempengan kayu.

Bagian tengah dari area ini di fungsikan sebagai carport. Carport sengaja diletakkan pada bagian tengah, karena langsung terkoneksi dengan pintu rumah utama. Dan apabila teras sedang digunakan maka penghuni rumah yang lainnya tidak perlu melewati area teras utama tersebut.

Sisi yang berseberangan dengan teras utama tersebut di fungsikan sebagai taman. Desain taman ini cenderung minimalis sesuai dengan keinginan Bapak Feris. Area taman ini dilengkapi dengan ayunan yang menghadap ke jalan utama sebagai area santai yang didukung dengan adanya kolam ikan. Kolam ikan ini dibangun lebih tinggi dari tanah, dan di beri elemen batu alam untuk menambahkan kesan alami kolam. Selain itu kolam ikan ini di buat menjadi 2 tingkatan, bagian atas merupakan kolam kecil dan yang bawah merupakan kolam utama. Diantara kolam ikan yang bagian atas dan bagian bawah di berikan celah untuk mengalirkan air ke kolam utama sehingga terdengar adanya gemercik air secara alami yang dapat membawa nuansa dan kesejukan pada rumah.

Desain keseluruhan rumah ini cenderung minimalis tropis, dengan adanya penggunaan batu alam pada dinding depan serta pagar depan. Pemilihan warna cenderung warna netral, terlihat pada dinding depan rumah yang menggunakan unsur warna putih dan coklat, serta pemilihan baru alam yang bewarna abu-abu gelap.

Selain itu, unsur keterbukaan rumah minimalis tropis ini di terapkan pada atap area carport dan taman. Area taman memang sengaja di beri atap karena Bapak Feris memiliki keinginan ketika sedang hujan tetap dapat bersantai di area taman. Tetapi untuk menciptakan taman tersebut lebih asri dan cahaya matahari dapat mengenai tanaman sebagai proses fotosintesis alami, maka atap yang dipilih menggunakan material Solarflat transparan dengan rangka hollow ukuran 4x4cm.



Arsigriya © 2022. Web by . All Rights Reserved