Rumah Bapak Edward - Sidoarjo

Semakin tingginya populasi manusia berbanding terbalik dengan ketersediaan lahan untuk hunian. Hunian yang nyaman merupakan hunian yang diimpi-impikan semua orang. Dengan lahan yang terbatas pengolahan ruang dalam hunian harus diperhatikan agar ruang terlihat luas namun tetap nyaman. Beberapa trik agar rumah tetap nyaman untuk memenuhi kebutuhan penghuninya diantaranya adalah dengan mendesain langit langit yang tinggi, menerapkan onsep rumah terbuka, menggunakan split level pada bangunan rumah, pemilihan warna yang dominan cerah, dan menggunakan compact furniture.


Proyek kali ini merupakan proyek rumah tinggal milik Bapak Edward yang berlokasi di Sidoarjo, Jawa Timur. Beliau memiliki luas tanah sebesar 71.5 m2 dengan luas bangunan ± 41 m2 pada lantai satu dan ±58 m2 pada lantai dua. Site berada wilayah perkampungan dan berorientasi ke Utara. Site berbatasan dengan rumah pada bagian Timur dan Seatan site serta lahan kosong pada bagian barat site sehingga untuk memaksimalkan estetika bangunan kami memfokuskan desain pengolahan fasad pada sisi depan fasad bangunan.

Kebutuhan ruang pada rumah ini meliputi teras depan, ruang tamu yang terhubung langsung dengan ruang keluarga, dapur dan taman (tanpa sekat), satu kamar tidur utama dengan kamar mandi dalam, dua kamar tidur, dua kamar mandi luar, dan ruang cuci jemur dibagian belakang pada lantai dua. Pada bagian depan rumah terdapat taman kecil dengan carport disampingnya yang dapat menampung 1 mobil.

Secara keseluruhan, bangunan menggunakan konsep kontemporer. Implementasi konsep bangunan tersebut yaitu dengan bangunan cenderung massive, permainan dinding pada fasad bangunan, penggunaan kisi kisi dan roster, dan  tampilan atap di sembunyikan dari perspektif mata manusia. Roster digunakan pada pagar, balkon pada lantai dua serta pada dinding di area ruang jemur.

. Selain itu agar tidak monoton pada fasad dean lantai dua digunakan kisi kisi WPC dengan motif kayu yang menutupi sebagian balon dan bukaan jendela pada kamar. Pada Fsad juga diaplikasikan Plant Box dan  topi-topi dengan ak pola geometris kotak sehingga bangunan terkesan rapi. Untuk menonjolkan kesan ‘hijau’ pada dinding pagar bangunan juga diletakkan vertikal garden yang dapat ditumbuhi dengan tanaman hias maupun tanaman rambat.


Arsigriya © 2022. Web by . All Rights Reserved