Rumah Bapak Aji – Buncit Indah – Jakarta Selatan

Rumah tinggal merupakan suatu yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan manusia karena rumah merupakan kebutuhan primer bagi manusia sebagai tempat berlindung dari berbagai gangguan dari luar dan sebagai tempat tinggal atau hunian. Rumah tinggal disetiap negara memiliki ciri khas masing-masing, juga mempunyai banyak tipe dan banyak bentuk. Di Indonesia sendiri mempunyai iklim yang tropis sehingga kebanyakan konsep bangunan yang diterapkan mengacu pada konsep tropis, pada desain kali ini kita menggabungkan antara konsep tropis dengan konsep modern sehingga menghasilkan desain yang elegan.

Desain kali ini permintaan dari client kami yang bernama bapak Aji, berlokasi di Jakarta Selatan dengan luas lahan 200 m2, luas bangunan lantai 1 150 m2 dan luas bangunan lantai 2 150 m2. Pada lantai 1 terdapat ruang tamu, ruang keluarga, 2 tempat tidur, 2 kamar mandi, ruang kerja, ruang makan dan dapur. Sedangkan lantai 2 terdapat ruang santai, ruang kerja, mushola, 2 kamar tidur, 1 kamar mandi, 1 kamar tidur & kamar mandi ART, ruang cuci jemur. Rumah ini mengadopsi konsep tropis modern, dengan pemilihan konsep ini akan menjadikan hunian menjadi lebih nyaman…

Untuk penggunaan material sendiri kami menggunakan material yang sangat umum dipasaran sehingga memudahkan dalam mencari material ketika akan diaplikasikan ke bangunan. Pada dinding kiri di lantai 2 adalah mushola, kami memakai roster sebagai material yang bertujuan agar sirkulasi udara di mushola menjadi maksimal dan ruangan menjadi lebih dingin secara alami. Roster juga akan memberikan kesan yang tidak kaku pada sebuah bangunan. Penempatan kisi-kisi di fasad bertujuan agar bangunan tidak terkesan polos dan membuat bangunan terkesan elegan, ada beberapa material yang biasanya digunakan sebagai kisi-kisi yaitu, kayu, alumunium, pvc, dan lain-lain. Tujuan penggunaan alumunium sebagai kusen pintu dan jendela agar terkesan modern, menghemat biaya dan mengantisipasi adanya rayap. Penggunaan kaca-kaca yang besar sebagai pencahayaan alami agar ruangan menjadi terang dan terkesan luas. 

Pemilihan warna pada bangunan juga perlu diperhatikan agar bangunan terkesan bersih simpel dan menarik, warna coklat dikombinasikan dengan warna krem serta warna putih di bagian lis akan menjadikan bangunan mempunyai kesan yang kalem namun elegan. Pada bagian carport sentuhan batu alam dan kayu menjadikan kesan yang natural dan sangat cocok disandingkan dengan taman disebelahnya. Fungsi taman di depan rumah sebagai area hijau dan sebagai area resapan air hujan, juga berfungsi memberikan tampilan yang segar di area teras depan. 

Arsigriya © 2022. Web by . All Rights Reserved