Rumah Tinggal Ibu Kiki – Magelang

RUMAH TINGGAL IBU KIKI – MAGELANG , JAWA TENGAH


Pada kesempatan kali ini kami mendapat kepercayaan untuk mendesain rumah tinggal milik Ibu Kiki yang berlokasi di Magelang, Jawa Tengah. Proyek ini merupakan proyek renovasi dengan kondisi eksisting terdapat bangunan 1 lantai dan semi basement. Lahan kali ini berada disuatu komplek perkampungan di lereng Gunung Sumbing yang mana kondisi di daerah tersebut berkontur dan memiliki potensi view yang baik.


Dengan luas lahan mencapai 97m2, Lahan ini terletak di sebuah area yang padat penduduk dan pada sekeliling lahan ini merupakan pegununungan sehingga mempunyai susasana yang asri dan sejuk. Pada bangunan ini nantinya akan mempunyai beberapa lantai yaitu, lantai semi basement, lantai 1 dan latai 2. dengan kebutuhan masing-masing lantai meliputi, semi basement ; gudang, garasi, dan kamar mandi. Lantai 1; ruang tamu, dapur, ruang makan, dan ruang tidur. Lantai 2 ; kamar tidur utama, kamar anak, ruang keluarga, dan kamar mandi.


Bukaan jendela tinggi serta lebar akan memudahkan cahaya matahari dan udara sejuk pegunungan masuk secara maksimal pada saat siang hari sebagai respon untuk mengoptimalkan sirkulasi udara dan pencahayaan alami. Bangunan ini memiliki 2 arah orientasi yang baik yaitu view ke arah barat menghadap gunung sumbing dan view arah timur memiliki jarak pandang yang sangat luas, sehingga view positif tersebut dapat dimanfaatkan untuk penempatan bukaan-bukaan yang lebar untuk memaksimalkan potensi yang ada.

Pada desain kali ini kami coba menggabungkan antara konsep japanese dengan unsur skandinavian. Konsep japanese ditandai dengan bentuk atap pelana dengan kemiringan atap yang landai dan tidak terlalu curam, yang mana bentuk atap tersebut juga kontekstual dengan iklim di Indonesia. Kemudian penggunaan warna yang netral seperti kombinasi finishing cat warna putih, abu-abu dengan material acian yang natural serta dipadu dengan usur kayu akan menyelaraskan fasad bangunan.

Pengolahan fasad pada bangunan ini juga ingin memasukan unsur scandinavian dengan memainkan penebalan dinding untuk menahan hawa dingin lereng pegunungan saat malam hari. Terdapat juga unsur vegetasi ke dalam fasad bangunan untuk menimbulkan kesan asri dan natural. perpaduan antara unsur-unsur fasad diatas akan mengahasilkan bentuk fasad yang modern, estetik namun tetap sederhana dan kontekstual terhadap lingkungan sekitar.

Arsigriya © 2022. Web by . All Rights Reserved