Rumah Ibu Retno - Bekasi Jawa Barat

Memiliki luas lahan sekitar 190 m2 di area perumahan, Ibu Retno berencana untuk membangun sebuah hunian yang nantinya akan beliau tempati untuk menikmati hari tua bersama keluarga. sesuai dengan peraturan daerah setempat, dengan luasan lahan yang beliau miliki, maka area yang boleh dibangun sekitar 115 m2, sehingga dengan luasan tersebut kami optimalkan untuk memasukkan segala kebutuhan ruang yang sudah Ibu Retno sampaikan.

Rumah ini didesain sedemikian rupa agar terasa nyaman dan aman bagi seluruh anggota keluarga. Kenyamanan penghuni rumah merupakan faktor yang sangat penting dalam sebuah desain rumah tinggal.  Rumah Ibu Retno ini memiliki ruangan yang cukup memadai meskipun hanya 1 lantai.

Area depan merupakan  carport untuk 1 buah mobil serta terdapat teras yang berfungsi sebagai area penerima tamu sementara. Carport disiapkan untuk kapasitas 1 mobil, dengan atap carport dari rangka besi hollow serta material penutup atap berupa solat flat yang tranparan sehingga area tersebut tidak terasa gelap. 

Terdapat ruang tamu dengan kapasitas untuk 4 sampai 5 orang, ruang tamu merupakan main entrance dalam rumah ini, ruang tamu didesain dengan menggunakan sekat partisi yang berfungsi pula sebagai rak agar ruangan tidak terkesan sempit. Ada pula ruang komunal yang nantinya difungsikan untuk berkumpul bersama keluarga. Terdapat 2 kamar tidur, yang di dalamnya dilengkapi dengan kamar mandi. Masing-masing kamar tidur kami desain mengarah ke taman agar sirkulasi udara dalam ruang tetap nyaman serta pencahayaan alami pun tetap bisa masuk ke dalam ruang sehingga dapat mengurangi penggunaan lampu pada siang hari.

Karena Ibu Retno memiliki hobi memasak sehingga beliau menginginkan ruangan dapur yang cukup luas. area dapur terletak di bagian belakang mengarah ke area cuci dan taman belakang. terdapat request khusus dari Ibu Retno mengenai penempatan tabung gas. Tabung gas diletakkan di sisi luar dari bangunan dengan alasan keamanan. 

Sesuai dengan keinginan klien, desain fasad bangunan menggunakan style modern kontemporer dengan bentuk atap limasan. Dengan berbagai pertimbangan, bentuk atap limasan dinilai paling tepat untuk tipe rumah milik Ibu Retno ini. Atap limasan dipadukan dengan bentuk flat teras serta kanopi carport menjadikan rumah ini tampak modern.

Bagian dinding fasad menggunakan perpaduan antara batu alam Andesit, Susun Sirih serta cat warna netral seperti abu-abu, coklat muda serta putih. Warna-warna netral yang didapat dari material batu tempel dan cat menghasilkan paduan yang menarik.  Untuk kusen pintu dan jendela menggunakan kayu jati dengan alasan ketahanan dan secara estetika nampak lebih mewah.

Untuk sistem pengamanan rumah, kami desainkan pagar depan dengan ketinggian 2 meter. Pagar dibagi menjadi 2, yaitu pada sisi kanan merupakan pagar dinding masive dengan aksen batu andesit yang dikombinasikan dengan rangka besi hollow, sedangkan untuk pagar sisi kiri merupakan pagar lipat dari material besi dan kayu solid sebagai akses masuk atau pun keluar penghuni rumah. Selain pagar depan, area taman samping, dilengkapi dengan tralis besi pada bagian atas taman. Taman belakang pun dilengkapi pula dengan atap tralis besi sebagai pengamannya karena terdapat bangunan sekolah di belakang rumah Ibu Retno ini. 



Arsigriya © 2019. Web by . All Rights Reserved