Rumah Ibu Laila - Yogyakarta

Rumah Ibu Laila - Yogyakarta

Desain rumah kali ini merupakan desain rumah tinggal dari Ibu Laila yang berlokasi di Sleman, Yogyakarta. Ibu Laila mempercayakan desain rumah tinggal satu lantai di lahan seluas 150 meter persegi dengan luas bangunan 105 meter persegi kepada kami. Rumah tinggal Ibu Laila memiliki beberapa ruang yang disesuiakan dengan kebutuhan dan keinginan Ibu Laila antara lain ruang tamu, ruang keluarga, satu kamar tidur utama dengan kamar mandi dalam, dua kamar tidur anak, dapur, ruang cuci jemur, taman yang terletak di belakang, taman yang berada di depan rumah dan juga garasi untuk satu buah mobil.

Untuk konsep rumah Ibu Laila menggunakan konsep modern tropis yang dapat dilihat pada penggunaan warna cat dasar elemen-elemen kayu, acian ekspose dan juga penggunaan topi-topi pada jendela rumah yang merupakan kekhasan dari sebuah rumah dengan konsep tropis. Cat dasar untuk Rumah Ibu Laila menggunakan warna cream beige dengan sentuhan tekstur kayu di beberapa bagian seperti pada bagian pagar rumah, lis atap, pada kusen-kusen jendela dan juga pada daun pintu. Kemudian di bagian teras rumah adanya aksen batu alam untuk kolom-kolom teras.

Pada bagian sekeliling bangunan terdapat jalan setapak sehingga membuat ruangan menjadi saling terhubung dan tidak ada ruangan yang mati. Pemilihan warna pada bangunan juga perlu diperhatikan agar bangunan terkesan bersih simpel dan menarik, warna coklat dikombinasikan dengan warna krem serta warna putih di bagian lis akan menjadikan bangunan mempunyai kesan yang kalem namun elegan. Pada bagian carport sentuhan batu alam dan kayu menjadikan kesan yang natural dan sangat cocok disandingkan dengan taman.

Fungsi taman di depan rumah sebagai area hijau dan sebagai area resapan air hujan, juga berfungsi memberikan tampilan yang segar di area teras depan. Lalu untuk bagian atap menggunakan atap dengan bentuk limasan sebagai respon terhadap iklim tropis dengan curah hujan yang tinggi. Material atap yang digunakan yaitu rangka atap baja ringan dan penutup atap genting beton flat.

Arsigriya © 2022. Web by . All Rights Reserved