Rumah Ibu Fatimah - Yogyakarta

Rumah 2 lantai yang berdiri diatas lahan seluas 752m² ini milik Ibu Fatimah yang terletak di Yogyakarta. Untuk lantai satu memiliki luas ± 305m², sedangkan lantai 2 memiliki luas ± 170m². lantai 1 di bagi menjadi beberapa fungsi utama, antara lain Pendopo, Rumah induk, serta kolam renang. Rumah induk memiliki beberapa ruang, antara lain ruang tamu, ruang keluarga, kamar tidur utama, kamar tidur anak, dapur bersih dan dapur kotor, kamar mandi, kamar ART, kamar mandi umum, serta ruang makan. Untuk lantai 2 hanya terdapat pada rumah induk ini saja, dengan kebutuhan ruang antara lain kamar tidur utama, kamar tidur anak, mushola, ruang kerja, gudang, kamar mandi umum, ruang setlika, serta ruang cuci jemur.  

Dilihat dari fasad bangunan, dalam satu lahan terdiri dari 2 konsep, yaitu joglo dan rumah minimalis tropis. Konsep joglo terlihat dari adanya pendopo yang memang sengaja diletakkan di bagian depan rumah. Untuk luas pendopo ini ± 80m². Desain pendopo terbuka dengan soko guru yang berada ditengahnya dan tanpa menggunakan gebyok. Pada tangga masuk ke area pendopo, sisi kanan dan kiri tangga terdapat kolam ikan.

Sedangkan untuk konsep minimalis tropis terlihat pada rumah induk. Dinding pada fasad rumah depan dominan menggunakan finishing granit warna coklat muda dan coklat tua. Warna coklat dipilih karena dapat merefleksikan nuansa alam dan dapat menghadirkan perasaan nyaman bagi para penghuninya. Selain menggunakan granit, juga menggunakan finishing Conwood Decorative Panel 1 “Stick warna kayu pada dinding kamar lantai 1 dan lantai 2. Selain itu untuk kusen pintu dan jendela menggunakan material kayu dengan ukuran yang lebar. Adanya bukaan yang lebar dapat membuat udara keluar masuk dengan bebas, dan juga dapat berfungsi untuk mengoptimalkan pencahayaan alami yang ada di dalam ruangan.

Karena ventilasi silang yang digunakan pada desain rumah ini berupa jendala yang lebar dan besar sehingga untuk mengoptimalkan udara yang bergerak didalam ruangan, plafon rumah ini dibuat tinggi dengan jarak antara lantai ke plafon sekitar 3,5-3,7m. Tujuan utama plafon dibuat tinggi adalah untuk meminimalisir penggunaan pendingin ruangan sehingga ruangan didalamnya tidak terasa panas maupun lembab.

Dibagian belakang rumah ini terdapat kolam renang pribadi yang berukuran 3x6,5m dengan pooldeck yang menyatu dengan teras belakang rumah. Lantai pada pooldeck ini menggunakan  material WPC ( Wood Composite Plastic). Selain itu terdapat gazebo kecil dengan ukuran 1,5x2,5m yang terletak dibagian belakang kolam renang. Penghubung antara pooldeck dengan gazebo ini terdapat jalan setapak yang berada di samping kolam renang.



Arsigriya © 2020. Web by . All Rights Reserved