Rumah Ibu Elma - Bandung

Klien kami ini berasal dari Bandung, Jawa Barat. Beliau bernama ibu Elma. Ibu elma menghubungi kami untuk mendesainkan rumah tinggalnya. Beliau memiliki sebidang tanah dengan luas ± 126m2. Lahan ini rencananya akan dibangun menjadi rumah 3 lantai secara bertahap. Untuk lantai 1 digunakan sebagai rumah pribadi dengan kebutuhan ruang antara lain ruang tamu, 2 kamar tidur anak, 1 kamar tidur utama, dapur, ruang keluarga , ruang makan serta kamar mandi. Di samping dan belakang rumah ini di sisakan lahan sebagai taman. Lantai 2 dan lantai 3 rencananya akan dibangun untuk kos-kosan.

 


Konsep rumah tinggal yang di inginkan ibu Elma ini ialah konsep rumah tumbuh dengan gaya industrial desain. Rumah tumbuh dapat diartikan sebagai rumah yang bisa dibangun bertahap sesuai kebutuhan dan biaya, sedangkan untuk rumah bergaya Industrial diartikan sebagai rumah ekspos yang berarti elemen-elemen structural dari sebuah bangunan tersebut dipamerkan atau memperlihatkan tampilan yang seolah setengah jadi (belum selesai) namun tampak menarik. Dikarenakan budget untuk membangun rumah ini sangat minim, sehingga 2 konsep ini dangat cocok di terapkan pada desain rumah ini.


 

Gaya industrial pada rumah ini terlihat dari adanya penggunaan warna yang cenderung monochrome yaitu warna putih dan hitam. Untuk dinding lebih banyak menggunakan material unfinished saja yaitu dinding acian tanpa cat, serta adanya perpaduan elemen kayu pada dinding. Untuk memperkuat kesan  Industrial pada rumah ini kusen pintu dan jendela digunakan kusen alumunium dengan warna hitam. Untuk memepertahankan nuansa industrial pada rumah ini pemilihan material lantai menggunakan beton yang di poles.


Lantas bagaimana untuk konsep rumah tumbuh pada bangunan ini ?
Karena rencana kedepan lantai 2 dan lantai 3 rumah ini akan digunakan sebagai kos-kosan, sehingga konsep rumah tumbuh ini terlihat dari adanya pengunaan tangga yang di letakkan pada bagian depan rumah serta atap yang hanya mengunakan cor dak saja. Desain tangga ini disesuaikan dengan konsep industrial yaitu menggunakan baja serta wiremesh sehingga dapat memperkuat kesan industrial. Tangga rumah memang senagaja diletakkan di depan, karena lantai 2 dan lantai 3 nantinya akan menjadi zona public sehingga tidak perlu menggangu privasi pemilik rumah.

 

Arsigriya © 2020. Web by . All Rights Reserved