Rumah Ibu Devi - Surakarta

Rumah Ibu Devi - Surakarta

Seiring perkembangan jaman, popularitas gaya arsitektur modern tidak membuat desain rumah klasik kehilangan pesonanya. Hingga saat ini masih banyak pemilik rumah yang masih memilih untuk menerapkan desain rumah klasik sebagai identitas dan karakter rumah mereka.Kali ini kami memiliki klien bernama Ibu Devi, dimana beiau memiliki lahan seluas  180 m2 yang berlokasi di Kota Surakarta.

Beliau menginginkan rumah bergaya arsitektur klasik Bali sehingga terkesan mewah dan megah. Kami pun mendesain rumah dengan gaya arsitektur klasik khas Bali sebagai konsep. Dengan lahan seluas 180 m2  terdapat beberapa ruang diantaranya ruang tamu, ruang keluarga, ruang makan, dapur, kamar utama dengn kamar mandi dalam, 2 kamar anak serta 1 kamar mandi luar.beliau juga menginginkan adanya carport yang dapat diakses untuk 2 mobil.

Hunian ini kami desain dengan memiliki 3 muka rumah karena lokasi lahan yang diapit oleh  jalan berbentuk U. untuk fasad depan bangunan kami menonjolkan konsep klasik Bali dengan menggunaka 2 Kolom yang dihiasi dengan ukiran khas bali serta batu palimanan pada  bagian teras rumah. Selain itu pada teras rumah juga diberikan sedikit aksen kayu sehingga lebih menonjolkan konsep Bali pada bangunan dan membuat bangunan terlihat gagah dan mewah. Untuk fasad dinding luar bangunan juga banyak menggunakan batu palimanan di beberapa sisi sehingga bangunan rumah tidak terlihat monoton dan membosankan.

Penataan ruang juga diatur sedemikian rupa agar setiap ruang mendapatkan pencahayaan dan penghawaan yang maksimal dengan dibantu oleh jendela jendela yang cukup besar serta rooster pada area dapur. Ruang tamu, ruang keluarga, serta ruang makan juga menggunakan konsep open plan agar ruangan lebih terkesan luas.

Pada bagian atap menggunakan atap dengan bentuk limasan sebagai respon terhadap iklim tropis dengan curah hujan yang tinggi. Material atap yang digunakan yaitu rangka atap baja ringan dan penutup atap genting beton flat. Pada bagian area carport menggunakan atap dak beton dengan kombinasi material kaca tempered 12mm yang ditempatkan di tengah yg bertujuan sebagi pencahaan di carport dan finshing pada area carport menggunakan profil yang di desain sedemikan rupa.

 

Arsigriya © 2022. Web by . All Rights Reserved