Rumah dan Resto Bapak Sapto - Kebumen

Memiliki lahan dengan ukuran 22.5 x 40 meter serta berada di tepi jalan yang cukup ramai dan potensial dari segi ekonomi menjadikan Bapak Sapto berencana untuk memanfaatkan lahan tersebut dengan membangun sebuah hunian sekaligus tempat usaha sebagai investasi jangka panjang baginya dan keluarga.

Gaya desain yang beliau pilih pun bukan desain yang biasa ditemukan di lingkungan sekitar site. Beliau menginginkan sebuah desain yang terkesan modern baik dari segi fasad maupun pemilihan material bangunan. Hal tersebut lah yang nantinya dapat dijadikan salah satu daya tarik khususnya untuk desain tempat usaha yang beliau miliki.

Sesuai dengan rencana awal, lahan tersebut dibagi menjadi beberapa zona sesuai dengan fungsi masing-masing. Pada bagian depan nantinya dimanfaatkan untuk Restoran dan Kios isi ulang air minum, kemudian untuk hunian ada pada bagian tengah yang terdiri dari bangunan 2 lantai, sedangkan untuk garasi diletakkan pada bagian belakang terpisah dengan bangunan utama (hunian).

Desain Restoran dan Kios Isi Ulang Air Minum

Restoran didesain menghadap jalan (Timur). Material yang dipilih untuk dinding sekat bagian depan dan pintu masuk adalah kaca. Kaca yang digunakan pun ada 2 jenis yaitu kaca tempered 15 mm untuk pintu masuk serta kaca polos 12 mm untuk sekat dinding. Pemilihan material kaca bertujuan agar konsep modern Nampak kuat pada fasad. Unsur modern juga didapat dari penggunaan material rangka besi hollow sebagai kanopi teras Restoran, kanopi tersebut dikombinasikan dengan kaca laminated sehingga kesan modern semakin terasa.

Fasad bangunan pun disesuaikan dengan konsep dan tidak terlalu banyak pemainan bentuk, justru yang timbul adalah kesan minimalis namun tetap modern dengan warna abu-abu yang netral dan soft serta dipadukan dengan aksen warna coklat tua dan juga kombinasi batu alam andesit. Ada pula roster dan kisi-kisi kayu pada sisi utara dan selatan bangunan (samping). Restoran ini dilengkapi dengan fasilitas umum berupa 2 buah toilet yang disediakan di sisi Selatan serta dilengkapi dengan lahan parkir kendaraan yang cukup luas.

View Restoran dari Sisi Utara

 

 

Tampak Utara Rumah Tinggal Bapak Sapto

Untuk desain rumah tinggal Bapak Sapto terdiri dari 2 lantai yang terdiri dari ruang tamu, ruang keluarga, ruang makan, dapur, mushola, km/wc, 1 kamar utama dan 2 kamar tidur anak yang masing-masing dilengkapi dengan kamar mandi dalam, 1 kamar tamu, serta ruang cuci yang diletakkan di belakang. Layout ruang pada lantai 1 dibuat minim sekat misalkan ruang tamu-ruang makan-dapur terletak pada zona yang berdekatan tanpa sekat. Hal tersebut bertujuan agar ruangan nampak lebih luas. Selain tidak menggunakan sekat, untuk memunculkan kesan luas pada ruangan, dipilihlah material kaca pada sisi luar bangunan, sehingga view dari luar bangunan dapat secara langsung terlihat. Kaca yang digunakan adalah jenis kaca tempered 19 mm, pada lantai 1 dalam bentuk sliding door frame less dan pada lantai 2 adalah kaca mati. Pada bagian atas ruang tamu dan ruang makan terdapat void yang mengarah ke lantai 2 sehingga kesan ruangan yang luas semakin terasa. Fasad bangunan pun nampak modern dan gagah dengan perpaduan warna abu-abu dan beberapa bentuk geometris sederhana. Ada pula kombinasi batu alam andesit dan palimanan yang semakin meningkatkan unsur estetika bangunan. Selain itu pada sisi Utara dan Barat rumah tinggal menggunakan tipe jendela mati dengan jenis kaca polos 6 mm dan rangka alumunium. Pemilihan material kaca merupakan suatu langkah tepat untuk menciptakan konsep modern pada bangunan.



Arsigriya © 2022. Web by . All Rights Reserved