Rumah Bapak Teuku - Aceh

Konsep klasik saat ini tidak ditampilkan dengan sesuatu yang kuno, melainkan diberi sentuhan modern. Konsep rumah dengan gaya klasik modern memiliki kesan mewah, timeless, kuat, kokoh namun juga tidak terkesan kuno. Pada desain kali ini, kami mendapatkan kesempatan untuk mendesain rumah dengan konsep klasik modern.

Klien kami ini memiliki lahan yang berlokasi di Daerah Aceh, dimana beliau mengunginkan konsep klasik modern pada hunian beliau. Luas lahan kurang lebih  500 m2 yang akan dibangun menjadi rumah dua lantai dengan kebutuhan ruang meliputi ruang tamu, ruang keluarga, ruang makan, dapur bersih, ruang keluarga dan ruang baca di lantai dua, kamar utama dengan kamar mandi dalam, dua kamar tidur, mushola, 2 kamar mandi luar, dapur, kamar ART, kamar mandi ART, ruang laundry, gudang, dan ruang jemur, serta garasi yang bisa muat untuk 2 mobil.

Pada fasad bangunan menggunakan permainan dinding dan ornament untuk menonjolkan kesan klasik dalam hunian. Selain itu fasad bangunan menggunakan warna putih yang dominan, profil GRC, serta granit yang memiliki warna abu-abu dan putih. Hal tersebut menjadikan bangunan terkesan mewah namun tetap elegan. Kesan mewah ditampilan dengan permainan dinding dan penggunaan granit pada bangunan sedangkan kesan elegan ditampilkan dengan pemilihan warna dimana didominasi warna putih.

Terdapat balkon yang besar di lantai 2 yang bertujuan sebagai area komunal untuk penghuni. taman di area depan dan belakang sehingga bangunan tidak langsung berdampingan dengan jalan. Pada area belakang bangunan juga terdapat kolam ikan koi yang cukup luas. Berbicara mengenai pencahayaan dan penghawaan, pada bangunan  menggunakan banyak jendela besar dimana selain untuk pencahayaan. jendela yang besar dan tinggi  juga digunakan untuk menyeimbangkan bentuk bangunan. Pada bangunan ini juga menggunakan plafond atau langit langit yang tinggi untuk memperlancar sirkulasi udara di dalam rumah. Mengingat Indonesia beriklim tropis dengan curah hujan yang cukup tinggi, atap pada hunian didesain menggunakan atap limasan sehingga memudahkan air hujan mengalir ke tanah.

 

Arsigriya © 2022. Web by . All Rights Reserved