Rumah Bapak Soleh – Yogyakarta

Desain rumah kali ini milik Bapak Soleh yang berada di Yogyakarta tepatnya di daerah jl. Affandi, Gejayan. Rumah 2 lantai ini berdiri diatas lahan seluas 285m2. Rumah ini difungsikan sebagai guess house dengan 9 kamar tidur yang terbagi di lantai 1 dan lantai 2. Lantai 1 memiliki luas kurang lebih 200m2 dengan kebutuhan ruang antara lain, Ruang tamu (Resepsionis), toko, dapur (pantry), ruang keluarga, ruang makan, kamar mandi umum, kamar ART, gudang dan 3 kamar tidur utama dengan kamar mandi di masing-masing kamar. Sedangkan untuk lantai 2 memiliki luas kurang lebih 180m2 yang terdiri dari 6 kamar tidur utama dengan kamar mandi didalamnya, ruang santai, serta ruang cuci jemur. Selain itu, atap carport dan garasi ini di fungsikan sebagai roof gardenRoof garden ini memiliki luas 647,45m2 dengan adanya penambahan rumput sintetis pada lantai.

Dilihat dari fasad bagunan, style rumah ini cenderung mengarah ke style Klasik Modern. Rumah bergaya klasik sampai sekarang masih sering digunakan karena rumah bergaya klasik ini memang tidak pernah dianggap ketinggalan zaman. Karakteristik desain eksterior rumah gaya arsitektur klasik ini biasanya terlihat adanya keberadaan simbol dan elemen dekoratif yang khas. Elemen dekoratif yang khas terlihat pada bagian luar rumah ini ialah adanya 2 pilar utama yang menonjol dan simetris. Fungsi dari 2 pilar tersebut tidak hanya memperkuat nilai keindahan saja, namun fungsi pilar tersebut untuk memperkuat konstruksi bangunan secara keseluruhan. Selain 2 pilar utama tersebut, terdapat 2 pilar yang ukurannya lebih kecil yang difungsikan untuk menahan beban pada roof garden.

Selain adanya pilar yang dapat memberikan kesan megah dan mewah pada rumah ini, area depan rumah terdapat pagar rumah yang tinggi. Selain berfungsi sebagai pengaman rumah, pagar juga perfungsi untuk meningkatkan estetika eskterior rumah. Untuk menojolkan ciri dari arsitektur klasik pada rumah ini, pagar dan ralling balkon menggunakan besi tempa dengan motif tertentu dan di beri warna gelap (hitam)

Untuk konsep modern terlihat dari adanya penyederhanaan bentuk dari ciri khas arsitektur klasik yang cenderung banyak menggunakan ornament. Penyederhanaan ini terlihat pada pintu dan jendela dengan tidak adanya penggunaan ornamen atau hiasan pada pintu dan jendela. Desain jendela rumah ini di desain dengan bentuk geometris.  Selain itu, desain list profil yang tidak lagi rumit tapi simple. Penggunaan warna pada rumah ini cenderung dipilih warna putih dan coklat pada fadas depan. Warna ini sengaja dipilih karena dapat memberikan kesan tenang.

Arsigriya © 2020. Web by . All Rights Reserved