Rumah Bapak Simamora - Toba

Rumah Bapak Simamora - Sumatera Utara 

Pada kesempatan kali ini kami mendapat kesempatan untuk mendesain hunian satu lantai milik Bapak Simamora yang berlokasi di Kabupaten Toba, Sumatra Utara.  Client kami kali ini menghendaki desain dengan konsep minimalis modern dengan atap tropis. 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Konsep minimalis modern merupakan salah satu konsep hunian yang banyak digemari oleh masyarakat di berbagai belahan dunia. Konsep minimalis modern memiliki tujuan  untuk mencapai desain yang efisien dan efektif  melalui kesederhanaan dalam bentuk, ruang, material, detil, dan warna dan menghasilkan desain ruang yang tidak rumit serta mudah dipahami.

Rumah ini berada di lahan seluas ± 270m2 dengan bangunan seluas ± 80m2 dengan kebutuan ruang yaitu ruang tamu, kamar utama dengan kamar mandi, satu kamar anak, satu kamar mandi luar, ruang keluarga, ruang makan, dapur, dan ruang cuci jemur. Selain itu terdapat juga teras , carport serta taman di samping dan belakang bangunan.

Penataan layout ruang dalam hunian ini cukup sederhana dengan ruang keluarga, ruang makan dan dapur diletakkan dalam satu zona tanpa dinding penyekat untuk membuat ruangan terasa lebih luas.

Konsep bangunan menggunakan konsep minimalis modern dengan tidak banyak menggunakan ornament pada fasad bangunan. Bentuk bangunan banyak menggunakan pola geometris yang cukup tegas pada fasad bangunan. Dalam fasad bangunan terdapat teras dengan kolom penyangga sebagai elemen estetika dalam fasad bangunan. Selain itu pada fasad bangunan juga digunakan WPC sebagai cladding dinding pada fasad depan dan belakang bangunan, penggunaan kisi-kisi kayu pada area ruang cuci jemur, penebalan dinding dengan batu andesit pada fasad depan bangunan, serta penebalan dinding dengan finishing acian ekspose dan penggunaan roster pada dining fasad bagian kanan bangunan yang mengarah ke taman samping.

Untuk kenyamanan ruang dalam bangunan, ruang-ruang didesain dengan adanya bukaan berupa jendela yang menghadap ke area taman baik taman depan, samping, maupun belakng bangunan. Jendela pada zona ruang keluarga, dan ruang tamu dibuat besar untuk kenyamanan baik penghawaan maupun pencahayaan alami dalam ruang kerena ruang yang cukup luas.

Pada hunian milik Bapak Simamora ini menggunakan atap jenis limasan dengan talang pada bagian samping bangunan. Atap limasan ini mempunyai kemiringan sebesar 35 derajat agar dapat mengalirkan air hujan dengan lancar karena seperti yang telah diketahui Indonesia memiliki iklim tropis sehingga desain rumah lebih baik menerapkan konsep tropis salah satunya dengan menggunakan atap miring.

Arsigriya © 2021. Web by . All Rights Reserved