Rumah Bapak Hendri – Depok Jawa Barat

Memiliki lahan seluas 120 m2, Bapak Hendri berencana memanfaatkannya untuk fungsi hunian. Melihat tingginya harga tanah di daerahnya, beliau berencana untuk membagi lahan tersebut menjadi 2 kapling dengan ukuran masing-masing kapling 6 x 10 m. Dengan luas lahan masing-masing kapling 60 m2, rencananya akan dibangun rumah berkonsep Industrial-Minimalis dengan fokus pemilihan material yang terjangkau.

Konsep Industrial-Minimalis ini sengaja dipilih dengan berbagai pertimbangan salah satunya adalah dapat lebih menekan budget pengeluaran. Selain itu, konsep ini juga tergolong unik sedang diminati banyak kalangan. Keuntungan rumah dengan konsep industrialis yaitu akan tercipta suasana hangat secara alami yang didapat dari material-material yang ada seperti kayu, besi, alumunium, serta tak lupa batu bata expose dan dinding unfinished.

Pada desain rumah ini, terdapat 2 lantai dalam bangunan.Pada lantai 1 terdapat carport di area halaman depan dengan kapasitas 1 mobil, teras dengan ukuran cukup mungil, 1 buah ruang tamu yang cukup luas dan tanpa sekat, serta 1 buah dapur di sisi belakang yang dapat diakses pula melalui pintu samping. Di lantai 1 juga terdapat taman belakang yang berfungsi sebagai sumber pencahayaan alami dan penunjang sirkulasi udara yang baik. Kemudian pada lantai 2 terdapat 2 buah kamar tidur serta 1 buah kamar mandi.

Untuk akses naik ke lantai 2 pada rumah ini terdapat tangga berbentuk “L” yang dilengkapi dengan void pada lantai 2. Pada area bagian bawah dimanfaatkan untuk lemari cabinet sehingga dapat meningkatkan estetika interior dalam ruang.

Pada desain fasad, yang paling menunjukkan sisi “industrialis” pada rumah ini adalah dengan adanya aksen batu bata expose pada bagian depan serta dinding unfinished dan penggunaan material alumunium yang dicat hitam untuk kusen pintu jendela. Bentuk bangunan yang terlihat kotak pun disesuaikan dengan konsep yang ada.
Meskipun dari luar terlihat berbentuk kotak, akan tetapi pada desain rumah ini menggunakan bentuk atap pelana dengan material rangka baja ringan serta material penutup atap berupa genteng Onduline. 


 



Arsigriya © 2019. Web by . All Rights Reserved