Perumahan – Bapak Triono - Sumatera

Pada kesempatan kali ini kami mendapat project sebuah perumahan di daerah Sumatra, perumahan ini dikelola oleh client kami bernama Bapak Triono. Rencananya dari perumahan yg kami desain memiliki 3 type yaitu type 36,52 dan 72 yang mana antara type kecil ke type lebih besar masih saling berkaitan dan memiliki bentuk fasad yg sama. Sehingga jika mau menambah ketype lebih besar tidak banyak merubah bangunan dasar.

Ukuran tanah yang akan didesain adalah 10m x15m dimana salah satu samping sisi bangunan tidak mau dihabiskan. Dan permintaan dari client kami bangunan tidak mau couple atau dimiror seperti pada banguan perumahan lainnya. Keuntungan dari tidak dihabiskan tanah pada bagian samping adalah sebagai penambah penghawan jadi bisa diberi lubang jendela. Selain itu sisa tanah pada samping bangunan bisa difungsikan sebagai buangan air hujan atau resapan dari atap agar tidak perlu penambahan talang. Permintaan ruang dari client yaitu untuk type 36 adalah 2 kamar tidur, ruang tamu, kamar mandi luar dan dapur, untuk type 52 ditambah 1 kamar tidur dan kamar mandi dalam 1 , sedangkan untuk type 72 atau yg paling besar yaitu pengembangan dari type 52 dengan menambah ruang  keluarga,ruang makan , dan ruang sholat.

Pada permintaan ruang ruang tersebut bangunan yang akan didesain adalah 1 lantai. Penataan denah pada desain ini pun mengunakan metode modular dimana setiap penambahan type bangunan  yang lebih besar lebih mudah dilakukan dan tidak banyak membongkar. Denah master pada perumahan ini berawal dari type paling kecil yaitu type 36 dengan 2 kamar (bernilai subsidi) kemudian naik kelas ke type 52 perbedaan nya dengan menambah kamar pada bagian samping dengan kamar mandi dalam Begitu juga dengan type selanjutnya dengan menambah ruang beserta fungsi yang bernilai komersial.
 

Pada konsep fasad bangunan client kami sudah membawa referensi sehingga memudahkan kami sebagai arsitek dalam merancang karena sesuai keinginan client. Rencana diawal untuk fasad memang dibuat sama antara type kecil ke type lebih besar hanya perubahan sedikit saja. Konsep yg dianut adalah minimalis tropis dengan pengunaan atap limasan yang mana cukup kental dengan nuasa tropis nya , penggunaan aksen profile yg sederhana dan penambahan unsur batu alam, serta warna kayu pada kusen pintu maupun jendela mampu menghadirkan komposisi yang dirasa cukup pas dalam konsep ini.

Arsigriya © 2021. Web by . All Rights Reserved