Desain Interior Neoklasik untuk Hunian Anda!

Diposkan: 17 Feb 2020 Dibaca: 344 kali


Bagi Anda yang menginginkan desain klasik pada interior hunian anda, namun tetap terlihat modern, gaya neoklasik ini sangat tepat menjadi pilihan Anda.

Gaya desain interior neoklasik ini pertama kali muncul di Inggris dan Prancis pada abad 18 melalui Gerakan neoklasikisme yang berakar dari Yunani dan Romawi.

Seperti namanya, gaya desain interior neoklasik merupakan penyempurnaan dari gaya klasik yang mewah dan elegan serta memiliki banyak ukiran. Gaya neoklasik muncul dengan tampilan mewah dan elegan, namun tetap simpel dan menyenangkan untuk dilihat.

Desain interior neoklasik identik dengan garis-garis rapi dan elegan dengan desain simetris. Kolom-kolom yang berdiri bebas dengan paduan hiasan lain juga menjadi ciri gaya neoklasik.

Berikut adalah tips-tips yang dapat anda perhatikan untuk menciptakan nuansa neoklasik pada interior hunian Anda:

  1. Dominasi warna terang

Pilihlah paduan warna dominan yang ringan dan lembut seperti putih, krem, abu-abu, biru pucat, kuning atau hijau untuk menciptakan nuansa cerah dan membuat ruang terasa lebih luas.

  1. Sedikit aksen warna

Sentuhan sedikit aksen warna pada warna terang membuat ruangan terasa lebih menyenangkan. Anda dapat memilih warna-warna seperti merah, hitam, emas, dan terra cotta atau warna tembikar dengan menyesuaikan warna dominan yang ada.

Paduan warna putih dengan sedikit aksen warna

Sumber: home-designing.com

  1. Material berkualitas

Neoklasik memiliki cakupan material yang lebih luas dibandingkan gaya klasik yang hanya menggunakan material alami. Gunakanlah material berkualitas seperti lantai marmer atau batu alam, kayu gelap, serta pilihan kain berkualitas untuk tirai dan sofa seperti sutra, wol, ataupun brokat. Material tekstil menjadi ciri khas baik pada gaya neoklasik maupun klasik.

Dapur dengan dinding marmer

Sumber: 5rbesh.com

  1. Kaya detail, namun tetap simpel

Gaya neoklasik relatif lebih santai dan sederhana dibandingkan gaya klasik, sehingga Anda dapat membuatnya minimalis dengan menambahkan furniture modern sederhana dan mengurangi furniture klasik ukuran besar yang megah dengan untuk menciptakan kesan leluasa dalam ruagan. Anda dapat menambah detail pahatan dan lengkungan pada beberapa bagian dinding maupun langit-langit.

Neoklasik dengan tampilan minimalis

Sumber: hollowaysofludlow.com

  1. Gunakan lampu gantung plafon

Pencahayaan menjadi elemen penting dalam desain interior. Lampu gantung menjadi objek utama dalam pencahayaan dengan memperhatikan beberapa tingkatan cahaya dengan tetap mempertahankan kesan anggun dan sederhana.

Paduan tingkatan cahaya lampu dengan lampu gantung sebagai objek utama

Sumber: alexmoulding.com

  1. Beberapa aksesoris tambahan

Aksesoris seperti karpet, cermin besar, bantal sutra, sedikit sentuhan ukiran, dan aksesoris yang terlihat mahal menjadi poin menarik pada desain neoklasik. Anda juga dapat menggunakan karpet Persia maupun karpet modern yang lembut sebagai pilihan untuk memperkaya desain. Gabungkan aksesoris dan perabotan dengan kualitas terbaik dalam interior.

Paduan aksesoris dalam ruang makan Neoklasik

Sumber: comelite-arch.com

Seperti halnya klasik, neoklasik identik dengan adanya detail ukiran klasik, namun tidak berlebihan dan pada tempat yang sesuai, sehingga membuatnya terlihat anggun dan simple.

 

 

Sumber:

https://interiordesign.id

https://www.arsitag.com


Tags

Artikel Terkait

Tips Membuat Carport yang Menarik

Tips Membuat Carport yang Menarik

Mungkin bagi beberapa orang berkeinginan membangun sebuah garasi, namun harus terkendala dengan minimnya lahan yang dimiliki, lantas apa yang harus dilakukan? Tenang saja kita bisa mensiasatinya dengan membangun sebuah carport sebagai gantinya. Sejatinya carport memiliki fungsi yang sama dengan gara [...]

Diposkan: 07 Sep 2019 Dibaca: 1231 kali

Tahapan Mendesain Hunian

Tahapan Mendesain Hunian

Dalam proses mendesain rumah tentunya terdapat beberapa tahapan yang harus dilakukan agar tercipta sebuah desain yang nyaman dan aman serta memiliki unsur estetika dan sesuai dengan kebutuhan masing-masing penghuni rumah. [...]

Diposkan: 25 Feb 2019 Dibaca: 463 kali

Tips Perpaduan Warna Pink Untuk Interior Rumah

Tips Perpaduan Warna Pink Untuk Interior Rumah

Memilih warna untuk interior ruangan memang harus dilakukan secara teliti, sebab warna memiliki pengaruh yang kuat terhadap perasaan seseorang. Untuk ruangan yang memiliki ukuran kecil atau sempit,pemilihan warna dimaksudkan untuk memberikan kesan luas terhadap ruangan. [...]

Diposkan: 01 Feb 2019 Dibaca: 2385 kali

Tips Mencari Lahan Untuk Dibangun Rumah Tinggal

Tips Mencari Lahan Untuk Dibangun Rumah Tinggal

Ketika anda memutuskan untuk membeli tanah yang akan anda pakai untuk membangun rumah impian Anda, pertimbangkan dulu beberapa hal yang penting terkait dengan itu. Karena membeli sebuah properti berupa tanah yang akan anda bangun sebuah rumah untuk anda tinggali sendiri, akan anda pakai untuk jangka [...]

Diposkan: 11 Aug 2018 Dibaca: 793 kali

Sekilas Tentang Arsitektur Mediterania

Sekilas Tentang Arsitektur Mediterania

Mungkin anda sering mendengar gaya arsitektur mediterania. Istilah tersebut sangat familiar di Indonesia, terkait dengan gaya arsitektur rumah tinggal. Namun mungkin sebagian besar dari anda belum mengenal sepenuhnya apa itu gaya Mediterania. [...]

Diposkan: 24 Oct 2017 Dibaca: 817 kali

Struktur dan Konstruksi Bangunan Perumahan

Struktur dan Konstruksi Bangunan Perumahan

Ingin membeli rumah di Perumahan? Harap hati-hati dalam memilih perumahan. Kenapa? Baca dulu artikel berikut... [...]

Diposkan: 14 Jan 2017 Dibaca: 907 kali

0 Komentar

* Nama
* Email
  Website
* Komentar Note: HTML tidak diterjemahkan!
Masukkan kata ke dalam box:
Arsigriya © 2020. Web by . All Rights Reserved