Musholla Wakaf Nurul Islam – Pasuruan

Mushola ini berdiri diatas lahan yang berukuran 6x20m. Bapak Mustofa selaku owner yang menghubungi kami untuk mendesain mushola tersebut menginginkan tanah dimaksimalkan untuk bangunan. Bangunan utama mushola ini berukuran 6x18m dan didesain 2 lantai. Kebutuhan ruang yang ada pada lantai 1 tersebut antara lain Ruang Sholat dan Ruang Wudhu. Sedangkan untuk lantai 2 hanya terdapat ruang sholat saja.

Ruang sholat utama pada lantai 1 berukuran 12x4,5m. Mihrab berukuran 1x2m. Area Wudhu dibagi menjadi 2 yaitu utnuk Jamaah Putra dan Jamaah Putri. Untuk jamaah putri di sebalah Utara sedangkan untuk jamaah putra di sebelah Selatan dengan masing-masing memiliki 1 kamar mandi. Untuk lantai 2 hanya terdapat Ruang Sholat saja dengan ukuran 8x4,5m. selebihnya ruang sholat pada lantai 2 ini kami desain dengan adanya Void didepan sehingga jamaah yang berada pada lantai 2 tetap dapat melihat imam yang ada di mihrab lantai 1.

Desain eksterior masjid ini cenderung Minimalis. Dengan pemilihan warna yang soft mengacu pada material pintu dan jendela yang terbuat dari kayu. Warna dasar mushola ini yaitu warna krem. Untuk warna GRC sengaja kami pilih warna putih untuk memberikan kesan netral pada bangunan. Dinding bagian depan mushola kami desain dengan menggunakan GRC cetak dengan motif yang berbeda. Bagian mihrab (GRC Tengah) kami desain dengan menempatkan kaca didalamnya, sehingga apabila hujan air tidak tampias kedalam area mihrab tetapi pencahayaan dapat masuk kedalam ruangan tersebut.

Bagian samping kanan dan kiri mushola kami desain simetris yaitu dengan penggunaan pintu dan jendela kaca yang berukuran besar dan dengan model pitu geser. Untuk mendapatkan sirkulasi udara secara alami, ventilasi kami desain dengan menggunakan GRC cetak sama halnya dengan bagian depan Mushola.

Berbeda dengan lantai 1, lantai 2 kami desain dengan konsep Open Space. Mengingat selasar lantai 2 yang sangat sempit.  Area sholat kami desain tanpa menggunakan pintu dan jendela, hal tersebut juga bertujuan supaya area sholat tersebut tampak lebih luas. Bagian Void depan kami desain dengan menggunakan GRC cetak disamping kanan dan kirinya. Area tangga sebelah utara kami tutup menggunakan jendela mati yang bertujuan supaya cahaya alami tetap dapat masuk kearea tangga tersebut. Area tangga sebelah selatan kami desain dengan penamahan ornament grc.



Arsigriya © 2020. Web by . All Rights Reserved