Rumah Ibu Kartika - Jakarta Timur

Klien kami, Ibu Ir. Dewi Kartikawati memiliki sebidang tanah dengan ukuran 15 x 30 meter di daerah Jakarta Timur yang rencananya akan dibagi menjadi tiga bagian. Masing-masing bagian berukuran 5 x 30 meter memanjang ke belakang. Masing-masing kapling tanah nantinya akan dibangun rumah tinggal dengan desain yang sama. Sebelumnya, Ibu Kartika sudah memiliki sketsa denah dan konsep yang telah beliau diskusikan bersama keluarga. Tugas kami hanya menyesuaikan dan melengkapi desain tersebut karena konsep utama sudah dimiliki oleh klien.

Sesuai dengan sketsa denah yang klien miliki, terdapat beberapa ruangan standar seperti rumah tinggal pada umumnya. Akan tetapi, Ibu Kartika tidak menginginkan layout denah rumah seperti biasa, beliau menghendaki letak pantry, dapur dan ruang makan berada di depan sebagai main entrance. Beliau juga menginginkan pintu masuk ke dalam rumah dibedakan menjadi dua yaitu pintu utama dan pintu servis. Dengan mempertimbangkan lebar site yang minim, maka Ibu Kartika menentukan lebar pintu servis 80 cm dan pintu utama dengan lebar 1 meter.

Salah satu request khusus yang diajukan klien adalah, menempatkan KM/WC untuk lantai 1 tepat di bawah tangga. Dengan space yang minim, maka dibuatlah KM/WC di bawah bordes dengan ketinggian 2.42 meter dengan lebar ± 90 cm dan panjang 2 meter.

Selain itu, tinggi dan lebar anak tangga masing-masing sekitar 22 cm sejumlah 16 anak tangga sehingga dapat mencapai ketinggian 3.5 meter.

Untuk desain fasad rumah yang dipilih oleh klien adalah modern minimalis dengan beberapa kombinasi bata ekspose untuk mengurangi kesan monoton pada fasad.

Karena background ilmu sipil yang dimiliki oleh klien, sehingga beliau yang menentukan letak serta ukuran kolom pada desain rumah ini.



Arsigriya © 2020. Web by . All Rights Reserved