Rumah Ibu Ferni - Depok

Klien kami yang berasal dari Jakarta ini memiliki sebidang tanah dengan ukuran 8.5 meter x 10.5 meter yang rencananya akan dibangun sebuah rumah satu lantai ditambah dengan sebuah mezzanine di dalamnya. Ruangan yang dibutuhkan oleh Ibu Ferni tidak terlalu banyak, hanya terdiri dari ruang tamu, ruang keluarga, 2 ruang tidur, ruang kerja, dapur dan pantry, ruang cuci dan jemur, 2 kamar mandi, serta carport.

Pada awalnya, Ibu Ferni telah memiliki sketsa denah ruang sesuai yang beliau inginkan. Melalui beberapa kali proses diskusi akhirnya diputuskan untuk menggunakan layout denah yang klien ajukan namun disempurnakan dengan beberapa layout tambahan dari kami untuk menunjang sirkulasi serta kenyamanan pengguna.

Mengenai mezzanine yang sempat klien usulkan, dengan melihat kondisi serta berdasarkan peraturan daerah yang berlaku pada site, maka diputuskan untuk tidak menggunakan mezzanine akan tetapi diubah menjadi rumah 2 lantai dengan ketinggian floor to floor sekitar 3 meter.

Berdasarkan keinginan klien, style rumah yang dipilih adalah industrial minimalis dengan mengekspos dinding unfinished sehingga tampak lebih natural ditambah dengan kombinasi batu alam andesit dan material conwood untuk fasad depan rumah. Selain dinding, lantai rumah pun menggunkan tipe unfinished dengan lapisan floor hardener.

Adanya void yang cukup lebar di bagian belakang mengoptimalkan sirkulasi yang ada di dalam rumah, ditambah dengan adanya atap transparan di bagian atap belakang dengan posisi miring mengikuti bentuk atap. Selain itu, atap transparan juga terdapat di bagian ruang jemur. Material atap transparan menggunaka kaca dengan rangka besi hollow.

 



Arsigriya © 2022. Web by . All Rights Reserved