Rumah Bapak Surya - Sleman, Yogyakarta

Pada dasarnya rumah dengan type minimalis lumayan digemari oleh orang orang masa kini, tampilannya yang simpel dan bentuk-bentuk yang menarik menjadi daya tarik tersendiri. Tak hanya itu, membangun rumah dengan gaya minimalis juga dapat menekan biaya pembangunan menjadi lebih murah.

Kali ini kami mempunyai klien yang menghendaki desain dengan konsep modern minimalis, beliau adalah bapak Surya yang berlokasi di Sleman, Yogyakarta. Dengan luasan lahan 105m2 yang nantinya akan dibangun rumah 1 lantai dengan beberapa ruang meliputi, ruang tamu, ruang keluarga, ruang makan, 3 kamar tidur, 2 kamar mandi, dapur, ruang cuci dan juga terdapat taman didalam rumah.

Konsep minimialis tidak melulu identik dengan bentuk yang kotak dan polos, permainan kombinasi bentuk kotak dan segitiga pada bangunan ini bertujuan agar bentuk dari bangunan tidak menjadi monoton. Pada daerah tropis sebaiknya atap dibuat agar dapat mengalirkan arah air hujan dengan lancar, biasanya kemiringan yang standar antara 30-45 derajat.

Pada bangunan ini sangat mengoptimalkan pencahayaan dan penghawaan alami agar menghemat penggunaan listrik dan terutama lebih sehat. Pemberian jendela-jendela kaca besar bertujuan agar udara dan cahaya dapat masuk secara maksimal, sehingga membuat suasana di dalam ruangan menjadi sejuk dan terang tanpa menggunakan AC maupun lampu.

Pemilihan material juga diperhatikan dalam desain ini, kami menggunakan material yang umum di pasaran sehingga mudah didapat dan biayanya lebih terjangkau. Pada area pagar depan bangunan kami menggunakan beberapa material yaitu batu alam, roster dan besi hollow. Batu alam palimanan sangatlah banyak beredar dipasaran, pengaplikasian material ini hanyalah sebagai aksen agar bagian rumah ada unsur yang terkesan natural, penggunaan roster agar bidang pagar tidak terlalu terlihat masif. Kombinasi besi hollow juga sebagai pemanis di bagian pagar.

Fasad rumah ini mungkin tidak terlalu banyak diolah hanya ada beberapa permainan penebalan dinding dan tali air di bangian depan, karena apabila terlalu ramai nanti akan mengurangi unsur minimalis yang diminta oleh klien.

Arsigriya © 2021. Web by . All Rights Reserved