Rumah Bapak Seno - Sumatera Selatan

Menetap di wilayah yang memiliki dua iklim seperti Indonesia, memiliki hunian dengan konsep modern tropis merupakan pilihan yang tepat. Salah satu karakteristik yang banyak dikenal dari konsep modern tropis yakni banyak menggunakan material-material alami. Namun selain itu penataan ruang-ruang dalam hunian, sirkulasi udara, pencahayaan, serta material juga harus diperhatikan karena harus mempertimbangkan iklim dan cuaca yang ada di daerah tropis. 

Kali ini kami mempunyai klien yang kebetulan ingin membuat hunian dengan konsep modern tropis dengan atap limasan, beliau bernama Bapak Seno yang berlokasi di Prabumulih, Sumatra Selatan. Dengan luas lahan kurang lebih 176 m2 beliau ingin membuat hunian 2 lantai dengan mengolah kurang lebih 96 m2 lahan, sehingga terdapat taman di samping dan depan hunian. Kebutuhan ruang dalam rumah ini meliputi, ruang tamu, ruang keluarga, 4 kamar dengan 2 kamar menggunakan kamar mandi dalam, dapur, 2 kamar mandi, dan ruang cuci jemur.

Lahan berada di hook jalan sehingga pengolahan fasad bangunan yang menghadap ke jalan akan dibuat lebih menarik. Bangunan ini menggunakan banyak pola geometris kotak sehingga bangunan terkesan rapi. Pada fasad bangunan menggunakan 4 tone warna yakni, abu-abu, putih, hitam atau gelap, sentuhan warna coklat dari con wood.

Konsep tropis pada hunian ditandai dengan penggunaan atap limasan dengan kemiringan 350 dan tritisan berupa topi-topi untuk mengantisipasi curah hujan yang tinggi, adanya bukaan berupa pintu atau jendela pada setiap ruang untuk memudahkan cahaya matahari dan udara masuk secara maksimal sehingga ruangan di dalamnya lebih terang dan tidak pengap. Penggunaan lampu pada siang hari pun dapat diminimalisir.

Hunian ini memadukan clading batu alam warna gelap  serta acian exposed yang diaplikasikan pada fasad. Penggunaan conwood  pada tampilan fasad  untuk memberikan kesan alami dari kayu.. Selain itu, diaplikasikan pula roster pada bangunan serta penebalan dinding pada beberapa sisi bangunan dilakukan untuk menciptakan bentuk fasad yang tidak monoton. Desain balkon depan pada lantai dua yang dibuat menjorok ke depan juga memberikan kesan bangunan yang lebih dinamis.

Arsigriya © 2021. Web by . All Rights Reserved