Rumah Tinggal Bapak Rasyid - Tangerang

Karya kali ini merupakan rumah tinggal milik Bapak Rasyid yang berlokasi di Tangerang, Jawa Barat. Bangunan ini berdiri di atas lahan seluas 190 meter persegi. Rumah tinggal Bapak Rasyid terdiri dari dua lantai, luas bangunan lantai satu 142 m2 dan luas lantai dua 158 m2. Lantai satu terdapat carport berukuran 4m x 5m, garasi seluas 3,5m x 5,5m,  ruang tamu berukuran 3 m x 3m, kamar anak 3m x 4m, kamar orang tua 3,25m  x 3,75m, dapur kotor berukuran 3,25m x 3m, kamar mandi luar berukuran 1,5m x 2m, serta dapur bersih yang menyatu dengan ruang keluarga seluas 7,75m x 5,5m. Sedangkan pada lantai 2 terdiri dari ruang tidur utama berukuran 5,5m x 5m, ruang tidur anak 3m x 5m, ruang santai berukuran 5,25m x 5,5m, gudang 3,25m x 3,75m, kamar mandi luar 1,5m x 2m, serta ruang cuci jemur berukuran 4,3m x 3,25m.

Rumah tinggal ini didesain dengan konsep modern kontemporer. Sang klien menginginkan agar tampilan fasade bangunan menonjol dan berkarakter. Dipilihlah komposisi bentuk kubistik yang sederhana dengan permainan pada dinding, lantai balkon, serta atap dak dan topi-topi. Material yang digunakan pada fasade cukup beragam antara lain kayu, cat warna putih, plester acian (unfinished), serta cat kamprot warna gelap. Pada pagar menggunakan kombinasi material dinding plester finishing cat putih dan batu alam, serta gerbang dengan material hollow dan kisi-kisi kayu.

Pada area carport menggunakan penutup atap kombinasi dak beton dan rangka baja serta penutup kaca. 

Elevasi bangunan dari jalan umum yakni setiggi 60 cm. Hal ini bertujuan untuk mencegah air limpasan mengalir ke dalam rumah. Pagar didesain dengan tinggi 2,5 meter untuk kebutuhan privasi penghuni yang menginginkan rumah yang privat dari lingkungan umum sekitar.

Bangunan ini didesain dengan mempertimbangkan pencahayaan dan sirkulasi penghawaan yang baik, antara lain melalui penggunaan material kaca yang cukup banyak pada beberapa sisi bangunan untuk mengoptimalkan masuknya cahaya pada bangunan. Selain itu, layout denah ruang tengah yang luas dan langsung terhubung dengan taman dalam untuk  mengoptimalkan sirkulasi udara pada bangunan. Setiap ruangan memperoleh akses pencahayaan dan penghawaan yang baik termasuk kamar mandi di bawah tangga.

Di area taman dan garasi mempergunakan pembatas fisik yaitu dinding roster yang memungkinkan pertukaran udara yang baik ke arah ruang garasi.

Fungsi taman di depan rumah serta taman di dalam rumah selain sebagai area hijau  juga sebagai area resapan air hujan, serta memberikan tampilan yang segar untuk penghuni rumah.

Rumah tinggal ini didesain dengan banyaknya balkon pada lantai dua sebagai ruang transisi (menghubungkan) area luar dan dalam bangunan sekaligus sebagai tempat untuk menikmati pemandangan sekitar serta udara luar.

Untuk material pintu dan jendela menggunakan rangka alumunium dan beberapa menggunakan pintu kayu solid.

Untuk atap bangunan menggunakan kombinasi dak beton serta material UPVC.

 

 

Arsigriya © 2021. Web by . All Rights Reserved