Rumah Bapak Gamal - Bantul DIY

  • RUMAH 2 LANTAI

Pada rencana awal, Bapak Gamal menyebutkan bahwa ingin membangun rumah tinggal 2 lantai dengan mengusung style jawa modern serta beberapa sentuhan natural dan tropis. Rumah tinggal tersebut dilengkapi dengan privat swimming pool yang letaknya ada di samping bangunan. Sesuai dengan keinginan klien, site yang ada sekitar 10 meter x 14 meter.

Pada proses pembuatan layout denah tidak terdapat kendala yang berarti.setelah melalui diskusi singkat dengan klien didapatkan luasan denah 8.5 meter x 7.5 meter serta ukuran kolam renang 4 meter x 6 meter dengan kedalaman 1.4 meter.

Atap joglo dipilih dengan alasan untuk menonjolkan unsur “rumah jawa” sebagaimana mestinya. Selain itu untuk lebih memunculkan nuansa jawa, pada kusen pintu dan jendela ditambahkan ukiran-ukiran kayu dengan motif floral. Selain ukiran dari kayu, sebagai aksen ditambahkan pula ukiran dengan material plat besi dengan warna metal silver pada bagian depan rumah tepatnya pada sisi kanan balkon, material besi dipilih agar dapat tahan terhadap cuaca karena letaknya yang berada di outdoor, selain itu material tersebut dapat memunculkan kesan modern walaupun dengan ukiran tradisional sekalipun. Untuk mempermanis fasad, dinding bangunan dikombinasikan dengan material batu bata ekspose dan batu alam pada beberapa sisinya. Jendela yang dipilih pun dengan ukuran yang cukup lebar dengan tujuan agar udara dan cahaya alami dapat masuk ke dalam ruangan secara optimal sehingga meminimalisir penggunaan AC. Pada area ruang jemur, ditambahkan kisi-kisi dengan material besi dan kayu yang disusun secara horizontal sehingga membentuk suatu pola tertentu.

Desain kolam renang juga merupakan salah satu yang paling diperhatikan oleh Bapak Gamal. Mulai dari ukuran kolam, pemilihan material baik di luar maupun di dalam kolam, serta unsure tambahan berupa air mancur dan ornament patung pada sisi kolam renang. Area yang wajib ada di sekitar kolam renang yaitu area untuk bilas, diletakkan di samping kolam renang dengan tambahan material batu alam tempel semakin menunjukkan kesan natural. Vegetasi yang dipilih untuk mengisi taman pun disesuaikan dengan konsep utama yaitu style jawa, misalkan pohon kamboja.

  • RUMAH 1 LANTAI

Masih dengan konsep yang sama, namun rumah tinggal ke-dua yang akan didesain hanya memiliki 1 lantai dengan ukuran bangunan 8 meter x 7 meter. Letak rumah tersebut ada di depan rumah 2 lantai pada desain sebelumnya.

Pada layout peruangan, Bapak Gamal menginginkan adanya kamar mandi semi-outdoor yang ada di kamar tidur utama, selain itu terdapat pula dapur outdoor di sisi belakang rumah.

Untuk fasad rumah, dinding menggunakan batu alam tempel. Seperti halnya desain sebelumnya, ukiran pada pintu dan jendela menjadi hal yang wajib ada untuk menunjang konsep rumah jawa. Penambahan lisplang dengan ukiran dari kayu pun semakin memperkuat unsure tradisional jawa.

Pada samping kanan bangunan terdapat carport yang dilengkapi pergola dengan material kayu dan atap transparan dari polycarbonate.

 

 

 



Arsigriya © 2020. Web by . All Rights Reserved