Rumah Bapak Angga – Garut Jawa Barat

Bapak Angga memiliki site dengan luas sekitar 759,19 m2 yang berlokasi di Garut, Jawa Barat. Beliau berkeinginan untuk membangun sebuah hunian dengan model split level house. Setelah melalui beberapa kali diskusi, terciptalah layout denah yang sesuai dengan keinginan Bapak Angga. Layout tersebut terdiri dari ground floor dan lantai 1 sampai lantai 4 dengan elevasi yang berbeda pada masing-masing lantai.

Perbedaan elevasi antara lantai 1 dengan lantai 2 dan lantai 3 dengan lantai 4 sekitar 1,6 meter. Sedangkan perbedaan elevasi untuk lantai 2 dengan lantai 3 sekitar 1,4 meter. Pada lantai 1 dan lantai 2 cukup dihubungkan dengan beberapa anak tangga, sedangkan lantai 2 sampai dengan lantai 4 menggunakan ramp sebagai pengganti tangga. Penggunaan ramp dimaksudkan agar kesan split level house terlihat jelas serta pastinya lebih aman dan nyaman untuk digunakan penghuni rumah saat melewatinya.

Untuk luas area ground floor ±46,68 m2 yang terdiri dari kolam renang serta tempat bersantai. Sedangkan luas bangunan lantai 1 dan lantai 2 ±157,11 m2. Lantai 1 cenderung  difungsikan untuk area publik dengan beberapa kebutuhan ruang diantaranya teras depan, ruang keluarga, ruang makan, dapur, dapur outdoor, dan dua kamar mandi.

Lantai 2 terdiri dari teras samping dan dua ruang tidur anak. Kemudian untuk luas lantai 3 dan lantai 4 ±131,66 m2. Lantai 3 hanya memiliki dua ruangan luas yang difungsikan sebagai ruang bermain anak dan ruang gym. Lantai 4 khusus difungsikan sebagai ruang tidur utama yang sekaligus dilengkapi kamar mandi, walk in closet, serta balkon.

Hunian ini mengusung konsep industrial tropis dengan sentuhan unsur natural. Konsep tropis ditandai dengan adanya bukaan atau pintu jendela yang lebih tinggi dan lebar untuk memudahkan cahaya matahari dan udara masuk secara maksimal sehingga ruangan di dalamnya lebih terang dan tidak pengap. Penggunaan lampu pada siang hari pun dapat diminimalisir. Untuk dindingnya dominan menggunakan  dinding acian exposed yang menghasilkan tekstur dan kesan alami pada rumah sehingga konsep industrial dapat terlihat jelas.

Terdapat juga perpaduan antara batu kali tempel dan batu andesit yang diaplikasikan pada tampilan fasad ini untuk menciptakan tampilan yang tidak monoton. Selain itu digunakan pula material conwood dan kisi-kisi kayu pada tampilan depan fasad untuk memberikan kesan alami kayu. Pada area kolam renang serta tempat bersantai kami desain dengan menggunakan batuan alam yang serupa agar kesan alami semakin terasa.

Untuk mendukung konsep industrial, digunakan railing tangga dan ramp yang bermaterial besi hollow dan besi wiremesh serta kayu pada handrailingnya. Material kusen pintu jendela menggunakan alumunium, sedangkan kacanya menggunakan kaca polos dan kaca tempered. Fasad ini menggunakan atap miring dengan penutup atap berbahan UPVC yang saat ini banyak digunakan karena banyaknya keunggulan yang dimiliki salah satunya ekonomis dan tahan lama.



Arsigriya © 2019. Web by . All Rights Reserved