Renovasi Rumah Bapak Ading - Jakarta

Pada kali ini kami mendapat project sebuah renovasi rumah yang berlokasi di Jakarta. Client kami bernama bapak Ading. Bapak Ading berencana merenovasi rumahnya dengan perbaikan fasad dan sedikit tata ruangnya dengan menambah fungsi bagian dalam yaitu menambah lantai mezzanine serta ruang jemur diatas. Bapak Ading sendiri berharap pada kami agar bisa mewujudkan bangunan yang minimalis dan hemat budget tapi tidak memngurangi estetika dari bangunan itu sendiri.

Ukuran tanah pada bangunan eksisting yang akan didesain adalah 13m x9m berada pada kavling nomor 87. Karena pada project kali ini kami tidak survei maka dari itu client memberikan sebuah seketsa tangan yg berisi ukuran bangunan eksisting  dan beberapa penambahan ruang yg beliau inginkan. Dari hal tersebut pemilik tidak ingin merubah banyak tatanan ruang sudah ada hanya pelebaran dan penambahan fungsi saja. Kami dari pihak desainer hanya memberikan masukan masukan pada konsep diawal. Diskusi pada tahap awal client menjelaskan note-note yg beliau inginkan termasuk bahan yg sudah ada, semisal kusen jendela maupun pintu.  Jadi dari kami sebagai desainer harus mengikuti karena tidak mungkin mengubah atau membuang bahan yang sudah dipesan atau dibuat.
 

Bangunan yang didesain adalah satu lantai dan penambahan lantai mezzanine. Pada lantai bawah terdiri 3 ruang tidur, ruang tamu dan ruang keluarga, kemudian dapur kamar mandi dan ruang makan. Pada bagunan belakang difungsikan untuk taman mini jadi tidak full bangunan. Maka dari itu bagian belakang diberi pintu lipat supaya ruangan terkesan luas dan menyatu dengan taman indor. Kemudian client mengininkan tambahan lantai mezzanine sebagai area multi fungsi yg bisa di manfaatkan sebagai ruang setrika atau bermain. Lantai mezzanine bagian belakang juga dimanfatkan sebagai area jemur dan londry  nantinya.

Konsep fasad pada bangunan ini minimalis sesuai referensi client yg diberikan kepada kami. Namun kami dari pihak desainer tentunya juga mempunyai idealis sendiri yang mana kami tidak sepenuhnya mengikuti apa yg disampaikan client yaitu dengan memberi masukan-masukan yang sekiranya masih belum cocok atau match pada desain bangunan tersebut. Pemberian kaca pada atas teras sebagai perluas pandangan dari lantai mezzanine dan berfungsi pula sebagai pencahayaan alami. Matrial batu alam kami masukan untuk menambah kesan natural pada bagunan. Pilar dengan dimensi yg cukup besar memberi kesan kokoh pada bangunan. Untuk bentuk atap sederhana sesuai permintaan client yaitu bentuk atap pelana dan hanya satu trap supaya lebih mudah dalam pengerjaan dan menghemat biaya.

Arsigriya © 2021. Web by . All Rights Reserved