Kelebihan dan Kekurangan Material Batu Alam

Diposkan: 07 Dec 2022 Dibaca: 144 kali


Jaman sekarang, tersedia begitu banyak material pelapis dinding. Bisa menggunakan semen untuk tampilan unfinished, cat dengan warnanya yang beragam, wallpaper, keramik, tegel, hingga batu alam. Batu alam menjadi salah satu material pelapis dinding yang cukup jarang digunakan pemilik rumah.  Orang lebih memilih menggunakan cat atau wallpaper sebagai pelapisnya karena dianggap mudah dan murah. 

Fun fact, meski material dari batu alam cukup mahal, namun material ini dapat menaikkan harga jual rumah loh! Lalu, apa saja yang menjadi keunggulan dari penerapan batu alam? Berikut keunggualan sekaligus kelemahan dari material batu alam.

Keunggulan

  1. Tahan cuaca

    Material batu alam memiliki banyak jenis. Salah satu yakni Andesit yang terkenal unggul terhadap cuaca. Keunggulannya ini membuat batu alam dari Andesit ini bebas jamur dan lumut. Hal ini memudahkan pekerjaan pemilik rumah karena mereka menjadi tidak perlu terlalu sering memberikan lapisan khusus pencegah lumut dan jamur.

 

  1. Memberikan kesan segar

    Jika ingin memberikan kesan alami sekaligus segar pada interior rumah, teman” dapat mencoba dinding batu alam dari granit. Kesan ini sangat cocok sekali kalian aplikasikan di kamar mandi agar kegiatan membersihkan terasa lebih menyegarkan.

 

  1. Tampilan natural dan alami

Apapun jenis batu alamnya, rumah yang dilapisi dengan batu alam dapat memberikan kesan sangat alami dan natural. Hal ini lantaran materialnya yang memang diambil dari alam sehingga berdampak langsung ke rumah yang mendapatkan sentuhannya

  1. Pemasangan mudah

    Siapa yang bilang memasang batu alam susah? Batu alam dengan jenis batu candi dijual dalam bentuk lempengan sehingga proses pemasangan pada dindingnya menjadi lebih mudah. Selain itu, batu candi ini berwarna hitam sehingga dapat memberikan kesan maskulin ke sebuah ruang..//

 

  1. Memberikan kesan mewah dan elegan

    Marmer juga bisa digunakan sebagai dinding batu alam. Marmer yang terkenal kemewahannya juga akan tampak di material batu alam. Dinding batu alam marmer dapat memberikan kesan mewah dan elegan di interior rumah.

 

  1. Kuat sebagai pondasi

Dinding batu alam yang menggunakan batu sabak memiliki banyak keunggulan. Di antaranya adalah batu ini sangat kuat sebagai pondasi bangunan. Dinding batu alam dari sabak sering juga disebut sebagai dinding batu alam kali.

Kelemahan

  1. Mudah menyerap air

    Jenis batu alam sangat beragam sehingga kelemahan dari tiap jenisnya pun berbeda-beda. Untuk batu alam jenis batu candi ini memiliki satu kelemahan yakni tidak cocok digunakan sebagai pelapis di area yang sering terkena air seperti kamar mandi dan luar ruangan. Ini karena mudahnya material menyerap air. Jika terlalu sering terkena hujan, maka lumut akan tumbuh dengan mudah.

 

  1. Cenderung berat

    Meskipun batu alam jenis batu candi berupa lempengan sehingga mudah dalam pemasangan, tetapi ada pula jenis batu alam lain yang memiliki berat di atas rata-rata sehingga membutuhkan tenaga ekstra untuk pemasangannya.

 

  1. Harga lebih mahal disbanding pelapis dinding lain

Jika dibandingkan material semen, cat, dan wallpaper, memang batu alam paling mahal di antara semuanya. Namun, ini semua setara dengan kualitas dan keindahan yang ditawarkan oleh material batu alam. 

Nah! iItulah plus minus penggunaan batu alam yang perlu teman-teman ketahui untuk diterapkan di rumah kalian. Untuk hasil yang maksimal, kalian dapat menemukan berbagai inspirasi desain lainnya dan desain interior terpercaya di Arsigriya Arsitek. Segera hubungi kami untuk lebih jelasnya :)


Tags

0 Komentar

* Nama
* Email
  Website
* Komentar Note: HTML tidak diterjemahkan!
Masukkan kata ke dalam box:
Arsigriya © 2023. Web by . All Rights Reserved