Interior Kantor Desa Kauman-Klaten, Jawa Tengah


Kantor desa merupakan pusat pelayanan masyarakat desa, menjadi pusat segala kegiatan yang ada di lingkungan desa, baik itu dibidang pemerintahan, pemberdayaan, maupun pembangunan. Ruangan kantor yang nyaman, bersih dan rapi akan membuat mood bekerja menjadi lebih baik.
 

Interior kantor yang kami desain kali ini merupakan interior staff dan ruang kepala desa Kauman yang berlokasi di Klaten, Jawa Tengah. Desain yang kami terapkan pada ruangan kantor desa Kauman ini adalah konsep desain modern dan juga formal. Beberapa ruang yang ada di lobi utama meliputi ruang staff, resepsionis dan ruang tunggu.
 

Pada area ruang staff kita tempatkan beberapa meja kerja dengan ukuran standard untuk 1 orang, yatu 120x60cm dengan bahan multiplek dan dilapis HPL motif kayu dengan 3 macam warna yang meliputi wood medium, wood light dan white. Untuk meja resepsionis juga menggunakan bahan multiplek untuk rangka-rangkanya sedangan untuk top table menggunakan kayu solid dengan tebal 3cm dan dilapis dengan HPL 3 warna juga. Pada area resepsionis kami desain dengan adanya beberapa ornamen motif kawung yang bertujuan agar mengangkat budaya lokal, motif kawung juga mempunyai filosofi yang mendalam sehingga dapat mencerminkan susana di dalam kantor desa Kauman. Di belakang meja resepsionis juga terdapat backdrop yang senada dengan beberapa furnitur yang berada di sekitarnya.
 

Penggunaan cat putih pada dinding membuat suasana ruangan menjadi lebih bersih, rapi dan terasa lebih luas. Perpaduan antara dinding warna putih dan beberapa warna kayu membuat kesan ruangan menjadi elegan dan terasa hangat. Permainan lampu di dalam ruangan juga sangat mempengaruhi kenyamanan dalam ruang, terlalu gelap maupun terlalu terang sama-sama kurang nyaman sehingga kita harus mempunyai penerangan yang cukup. Untuk plafond di area ini dibuat simpel dan tidak diberikan banyak ornamen, sehingga terlihat bersih luas dan elegan.
 

            Untuk ruang kepala desa juga menggunakan konsep yang sama dengan ruang-ruang yang lain agar terlihat sama, hanya saja dibuat lebih cerah daripada ruangan lain, dikarenakan ruangannya tidak terlalu luas kombinasi antara warna putih dengan warna cokelat muda menjadikan ruangan terlihat luas.

Arsigriya © 2021. Web by . All Rights Reserved