Interior Dapur dan Ruang Loundry Rumah Bapak Roby - Majenang, Jawa Tengah

Pada kesempatan kali ini, Arsigriya Arsitek ingin membahas lebih lanjut terkait dengan Interior Rumah Tinggal milik Bapak Roby, yang berlokasi di Majenang, Jawa Tengah. Beliau memiliki luasan rumah tinggal yaitu 250m2, pada kesempatan sebelumnya kami telah membahas ruang tamu, ruang keluarga,  kamar utama, kamar anak, musholla. Nah untuk selanjutnya kami ingin membahas area dapur, ruang laundry dan juga kamar tamu. Penasaran kan? Mari kita baca penjelasan lebih lanjut dibawah ini :

  1. Dapur

Saat ini, banyak orang membuat dua dapur yang berbeda di rumahnya. Kedua dapur ini dibuat berdasarkan fungsinya dan disebut dengan dapur bersih dan dapur kotor. Dapur bersih adalah tempat untuk menyiapkan makanan yang telah diolah. Sedangkan dapur kotor digunakan untuk mencuci dan mengolah bahan makanan. Dapur kotor terletak jauh dari ruang tamu. Biasanya diletakkan di belakang dapur bersih. Ada penyekat atau tembok yang memisahkan dapur kotor dengan ruangan lain dalam rumah. Di dapur kotor bisa melakukan proses memasak yang berat atau lebih ribet. Dan tidak perlu khawatir jika dapur ini kotor karena aktivitas memasak.

Segala proses memasak yang membuat kotor peralatan dapur bisa dilakukan tanpa mengotori dapur bersih. Dapur kotor ini memiliki luasan 2,5m2 x 4,5m2 yang terletak di bagian belakang rumah, dan diberikan akses pintu keluar agar pemilik dapat memiki akses untuk keluar rumah melalui dapur kotor ini.

  1. Ruang Loundry

Ruang cuci atau laundry room lebih dari sekadar tempat untuk membersihkan atau mencuci pakaian. Ruang laundry bisa dirancang untuk dapat menjadi tempat yang ramah dan dapat diakses untuk lebih banyak aktivitas atau kegiatan. Sama seperti area dapur, ataupun kamar mandi, desain laundry room juga harus memiliki sejumlah pertimbangan dan dimensi yang sempurna agar tercipta sebuah ruang multiguna. Dan sebelum hal itu terjadi, Anda mesti mengetahui beberapa hal terkait fungsi dan tata letak, atau layout yang baik untuk menciptakan area laundry yang maksimal. Ruang laundry ini memiliki luasan 2,5m2 x 3m2, ruangan ini difungsikan untuk mencuci dan menyetrika pakaian.

Ruangan ini terhubung dengan ruang gudang yang berada di samping rumah. Area Laundry room ini didesain senada dengan ruangan lainnya yaitu modern luxury. Penggunaan material yang tepat sangat membantu untuk menciptakan gaya ini, yaitu menggunakan elemen alami seperti kayu, Penggunaan granit dan dapat memberikan kesan mewah dan luas pada ruangan. Di  bergaya Modern Luxury ini menggunakan material keramik granite dengan warna abu glossy dan cat dinding bewarna putih yang membantu memberikan kesan luas dan bersih.

 

  1. Kamar Tidur Tamu

Kamar tidur tamu digunakan sebagai ruang istirahat untuk tamu yang sedang berkunjung ke rumah bapak Robi, ruangan ini memiliki luasan 4 x 3 m2, kamar tamu ini didesain dengan mengusung konsep yang sama dengan ruangan lainnya yaitu modern luxury, konsep ini diusung agar menghadirkan kesan mewah dan elegan pada setiap ruangannya.

Furniture di kamar tidur tamu ini menggunakan bentuk geometris yang simple, dipadupadankan dengan furniture pendukung agar memudahkan tamu dalam meletakan barang.

 

 

Arsigriya © 2023. Web by . All Rights Reserved