Rumah Bapak Yansens - Bandung

Desain kali ini permintaan dari klien kami yang bernama bapak Yansens yang berlokasi di Bandung. Dengan luas lahan sebesar 175m2 yang akan dibuat menjadi bangunan retail dengan 2 lantai yang meliputi ruang sebagai berikut, lantai satu meliputi ruang retail, display product dan gudang. Sedangkan lantai mezanine meliputi ruang kerja, pantry, ruang istirahat, ruang meeting, kamar mandi dan balkon. Bangunan ini akan dibuat dengan konsep perpaduan antara industrial dan konsep minimalis. Gaya industrial kerap dianggap sebagai gaya unik yang identik dengan gaya interior maupun eksterior yang banyak diterapkan pada cafe atau beberapa bangunan komersial, seperti ruang-ruang perkantoran. Namun kali ini klien kami menginginkan membuat desain retail dengan konsep industrial baik eksterior maupun interiornya.

Desain industrial sangat mengutamakan kreasi bentuk, konfigurasi, dan komposisi garis dan warna dengan tampilan yang estetis. Meskipun terkesan sedikit suram, namun sebetulnya gaya industrial memberi tampilan khas yang modern, sederhana, namun penuh estetika. Konsep gaya industrial dalam praktiknya banyak menerapkan warna-warna monokrom yang terkesan sangat maskulin. Penggunaan materialnya pun tak sembarangan dan banyak menggunakan material daur ulang atau bahan industri seperti kaca, besi, atau aluminium. Elemen lain yang cenderung digunakan adalah material kasar dan unfinished seperti bata, beton dan baja yang sengaja diekspos agar nampak karakter aslinya. Ciri lain dari bangunan industrial adalah elemen-elemen bangunan yang dibiarkan terekspos.Dengan kata lain, banyak yang dibiarkan tampak apa adanya namun untuk menghasilkan tampilan yang lebih rapi, berkonsep, dan unik.

Pada desain retail ini kami menggunakan material yang khas dari konsep desain industrial mulai dari lantai, untuk lantainya sendiri kami menggunakan lantai parket, kenapa tidak menggunakan keramik atau granit? Karena menggunakan keramik atau granit akan mengurangi nilai dari konsep industrial itu sendiri. Selanjutnya untuk dinding kami mengkombinaasikan antara bata ekspose dengan beton unfinished yang sangat menonjolkan ciri khas dari konsep industrial. Pada strukturnya menggunakan baja WF tanpa ditutup apapun dan memang dibiarkan terlihat. Warna untuk eksterior retail ini menggunakan warna putih dan juga dikombinasi dengan kisi-kisi kayu berwarna coklat agara terkesan natural. Penggunaan ornamen pada retail ini menggunakan pola desain dengan garis-garis tegas dan tegak lurus. Dikarenakan ini adalah bangunan retail jadi barang-barang yang dijual di dalam harus terlihat dari luar / dari jalan sehingga untuk fasad depannya di dominasi dengan kaca-kaca yang cukup besar.

Arsigriya © 2020. Web by . All Rights Reserved