Pendopo dan Basement Bapak Syukuri – Kalimantan Selatan

Pada kali ini Arsigriya Arsitek mendapatkan projek sebuah bangunan pendopo dengan basement yang berada dibawahnya. Projek tersebut datang dari klien kami yang bernama Pak Syukuri yang berlokasi di Kalimantan Selatan. Fungsi dari bangunan pendopo ini sebagai ruang tunggu / singgah bagi tamu yang akan berkunjung di kediaman utama sedangkan untuk basement ini berfungsi sebagai ruang istirahat untuk ajudan-ajudan pribadi dari owner. Pendopo ini berada di tengah area dan dikelilingi oleh bangunan-bangunan pendukung di atas lahan seluas 6 hektar. Untuk ukuran dari pendopo itu sendiri yaitu 16x16m.

Untuk area pendopo sendiri hanya diperuntukkan sebagai ruang tamu, sedangkan basement terdiri dari beberapa ruang yang disesuaikan dengan total luasan bangunan yaitu 256 m2 dengan ruang antara lain, 1 kamar tidur utama, 4 kamar tidur dengan kamar mandi dalam, ruang santai, ruang makan , dapur, dan 2 kamar mandi luar. Akses untuk menuju ke basement berada di dalam pendopo yaitu di sebelah belakang dan tertutup dengan gebyok dengan tinggi 1 meter.

Tinggi lantai pendopo dari muka tanah adalah 1 meter dan diberi akses tangga, dengan penghitungan anak tangga secara hitungan jawa yaitu kita gunakan 6 anak tangga yang menurut filosofi akan mendapatkan kebaikan. Diantara lantai pendopo dan muka tanah ada sebidang dinding yang kita fungsikan sebagai pencahayaan dan penghawaan alami untuk basement agar tidak terlalu gelap dan pengap dengan menggunakan jendela kaca dengan model seperti boven pada kamar mandi. Selain itu juga dikombinasi dengan bata ekspose agar terlihat lebih natural dan cocok dengan bangunan pendopo diatasnya.

Struktur pendopo menggunakan bahan full kayu dan hanya ada sedikit beton sebagai pondasi umpak pada soko guru di bagian pendopo. Sedangkan untuk basement menggunakan struktur beton bertulang yang mengelilingi seluruh dinding luar pada basement, dinding beton juga berfungsi sebagai penahan tanah dan juga agar meminimalisir adanya rembesan air tanah yang akan menyebabkan dinding menjadi basah dan lembab. Penggunaan dinding beton juga akan sangat mempengaruhi besaran pengeluaran yang akan dikeluarkan.

Untuk pencahayaan di luar pendopo kami menggunakan lampu hias yang berada di bawah lantai pendopo dan menempel pada dinding yang berbentuk seperti kolom-kolom bangunan, dengan menggunakan bahan beton dan diberi lubang di tengah yang nantinya akan ditutup menggunakan acrylic agar memudahkan dalam perawatan, cover lampu hias tersebut juga digunakan sebagi penguat dari topi-topi yang berada di atasnya.

Arsigriya © 2020. Web by . All Rights Reserved