Rumah Bapak Endar - Banyumas

Desain rumah tinggal kali ini dari klien kami yang bernama Bapak Endar yang berlokasi di Kecamatan Tamabak, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Dengan luasan lahan 215 m² dan luas bangunan sebesar 142 m². Desain bangunan kali ini mengadopsi konsep modern tropis dengan mempertimbangkan beberapa aspek dalam bangunan baik bentuk maupun material yang akan digunakan.  Ruang-ruang di dalam bangunan tersebut meliputi, Ruang Tamu, Ruang Keluarga, Mushola, Kamar Tidur Utama, Ruang Makan, Dapur, 2 Kamar Tidur, Kamar Mandi dan juga terdapat taman di dalam rumah.

Ciri khas dari konsep modern tropis yaitu meliputi dengan adanya penghawaan dan pencayaan alami yang cukup di dalam area rumah dan di setiap ruangan agar tidak bergantung pada lampu dan AC sehingga akan menghemat konsumsi energi listrik. Adanya overstek pada bangunan juga berguna untuk mencegah tampias air hujan dan silau yang berlebih dari cahaya matahari. Di bagian depan rumah juga terdapat space yang cukup untuk di olah menjadi taman maupun kolam ikan sehingga membuat bangunan terlihat lebih menarik dan memunculkan kesan natural. Dan untuk komposisi faktor pencahayaan pada siang hari rata-rata 20% dapat diperoleh melalui lubang cahaya (jendela) yang memiliki luas 15% dari luas lantai, dengan catatan posisi lubang cahaya di dinding pada ketinggian normal, tidak ada penghalang di depan lubang (jendela) dan kaca penutup yang digunakan adalah jenis kaca bening / transparan.

Pada bangunan ini kami menggunakan warna yang terang dikarenakan warna terang memiliki tingkat penyerapan radiasi matahari yang kecil sementara warna gelap menyerap radiasi panas lebih cepat. Penyerapan radiasi panas yang besar dapat menyebabkan suhu ruangan menjadi tinggi. Jadi, dalam bangunan tropis lebih disarankan menggunakan warna terang baik di luar maupun di dalam ruangan.

Ide taman dalam ruang diciptakan agar menciptakan suasana didalam ruangan menjadi lebih nyaman. Perlu diperhatikan dalam menerapkan gabungan prinsip-prinsip dan elemen yang digunakan untuk mendesain taman dalam ruang, termasuk penempatan secara cerdas dan fokus pada bentuk, tekstur, warna dan proporsi. Penempatan taman disini berada di samping ruang makan dan ruang keluarga, sehingga menjadi point of interest pada ruangan-ruangan tersebut. Dalam memilih elemen point of interest ini harus benar dan tepat sehingga dapat terintegrasi dengan elemen lain di dalam bangunan. Jangan sampai karena terlalu mencolok kemudian merusak kesatuan komposisi secara keseluruhan.

Arsigriya © 2020. Web by . All Rights Reserved