Jenis dan Fungsi Alat Berat Proyek Bangunan

Diposkan: 07 Oct 2020 Dibaca: 40 kali


Penggunaan alat berat dalam bidang konstruksi sudah umum dilakukan, karena alat berat proyek bangunan memang sangat membantu dalam memudahkan manusia mengerjakan kegiatan konstruksi. Jika dahulu banyak kegiatan konstruksi lebih banyak dilakukan secara manual dan membutuhkan waktu lama, sekarang bisa dipersingkat dengan bantuan alat berat.

Dalam bidang konstruksi, alat berat adalah alat yang digunakan untuk mempermudah proses pekerjaan konstruksi, sehingga pembangunan menjadi lebih cepat, mudah, dan hasilnya sesuai dengan harapan. Penggunaan alat berat harus benar-benar tepat dan menyesuaikan dengan kondisi dan situasi di lapangan. Jadi, tidak bisa sembarangan menggunakannya.

Penggunaan alat berat yang salah akan menyebabkan rendahnya tingkat produktivitas, tidak tercapainya jadwal, dan biaya tambahan. Tentu saja, ini akan merugikan Anda. Daripada merugi, lebih baik ketahui dahulu alat berat apa yang diperlukan. Caranya dengan mengetahui dan memahami jenis juga fungsi alat berat.

Alat Berat Dozer (Loder)

Salah satu alat berat proyek bangunan yang sering digunakan adalah loder atau lebih dikenal dengan dozer. Alat berat ini umum dipakai untuk menangani material proyek, terutama material hasil penggalian atau untuk membuat timbunan material. Dozer biasanya digunakan untuk menangani pasir, tanah, ataupun bebatuan dalam proyek.

Terdapat bucket pada dozer sehingga alat ini juga memiliki nama lain front end dozer. Ada 2 jenis dozer yang sering digunakan dalam konstruksi yaitu crawler tractor dozer (roda kelabang) dan whwwl tractor dozer (buldozer dengan roda karet). Untuk mengoperasikan dozer diperlukan operator bersetifikat resmi.

Alat Berat Excavator

Alat berat lainnya yang sering ditemukan di area konstruksi adalah excavator. Alat ini yang paling banyak digunakan dan paling umum diketahui masyarakat. Penggunaan excavator haruslah menyesuaikan dengan lapangannya. Umumnya excavator terbagi menjadi beberapa jenis sesuai dengan penggali yang ada di bagian depan.

Alat Berat Crane

Crane merupakan alat berat proyek bangunan yang keberadaannya dapat dilihat dari jauh sekalipun. Alat ini memiliki tinggi dan berukuran besar mengingat fungsinya untuk mengangkat material yang akan dipindahkan. Crane dapat memindahkan material secara vertikal maupun horizontal, dalam jarak tertentu. Itulah sebabnya alat ini sangat dibutuhkan dalam konstruksi.

Crane memiliki berbagai tipe dalam pengoperasiannya, sehingga Anda harus memilih yang benar-benar sesuai dengan kondisi proyek yang dikerjakan. Pemilihan crane akan berdampak besar dalam proyek dan memengaruhi waktu serta keuntungan atau kerugian dalam proyek. Jadi, ketahui dulu kebutuhan sebelum memilih crane yang akan digunakan.

Penggunaan alat berat penting dalam konstruksi, tapi bukan berarti Anda harus membeli alat-alat tersebut. Jika hanya membutuhkannya dalam jangka waktu tertentu, lebih baik menyewanya saja. Hal ini akan lebih menguntungkan dan menghemat biaya, sebab harga alat berat proyek bangunan tidaklah murah.


Tags

Artikel Terkait

Cara Membersihkan Dinding Material Batu Alam Paling Mudah

Cara Membersihkan Dinding Material Batu Alam Paling Mudah

Memiliki dinding dengan berbahan dasar batu alam adalah hal yang menyenangkan. Batu alam akan memberikan kesan alami untuk sebuah rumah. Pemasangan batu alam yang tepat juga bisa membuat rumah menjadi lebih sejuk. Meskipun demikian, Anda harus melakukan perawatan dinding batu alam dengan baik agar t [...]

Diposkan: 19 Sep 2020 Dibaca: 113 kali

Elegan dengan Inspirasi Desain Balkon di Rumah

Elegan dengan Inspirasi Desain Balkon di Rumah

Rumah bertingkat atau apartemen dan juga rumah susun biasanya dilengkapi dengan balkon sebagai bagian bangunan untuk melihat pemandangan. Bukan hanya berperan untuk menikmati pemandangan, balkon dengan desain unik juga menambah daya tarik rumah secara visual. Sayangnya, ada juga beberapa orang yang [...]

Diposkan: 12 Sep 2020 Dibaca: 83 kali

Alasan Memilih Pondasi Cakar Ayam untuk Bangun Hunian

Alasan Memilih Pondasi Cakar Ayam untuk Bangun Hunian

Membangun hunian rumah menggunakan pondasi yang kokoh akan menjamin kekuatan bangunan rumah Anda. Setiap orang tentu saja ingin memiliki rumah yang nyaman dan berdiri kokoh. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk merencanakan pemilihan pondasi yang tepat. Terlebih lagi jika Anda merencanakan mem [...]

Diposkan: 15 Jul 2020 Dibaca: 211 kali

Desain Dapur Minimalis

Desain Dapur Minimalis

Rumah di jaman sekarang banyak yang berukuran kecil hal ini diakibatkan karena ketersedian lahan yang terbatas serta harga tanah yang cukup mahal. Hal ini tentu juga berdampak pada ukuran ruang-ruang yang ada di dalam rumah, termasuk dapur salah satunya. Desain interior Minimalis merupakan desain ya [...]

Diposkan: 02 Jul 2020 Dibaca: 187 kali

Desain Perumahan Modern Minimalis

Desain Perumahan Modern Minimalis

Desain perumahan minimalis modern memang sudah menjadi desain favorit banyak orang. Banyak sekali keuntungan membangun tempat tinggal minimalis. Selain karena hemat tempat, pembangunan landed house minimalis sederhana membutuhkan dana yang lebih rendah dibandingkan dengan hunian mewah. Plus, biaya p [...]

Diposkan: 21 Jun 2020 Dibaca: 168 kali

Desain Interior Motif Abstrak

Desain Interior Motif Abstrak

Motif abstrak saat ini menjadi tren inspirasi desain interior, karena desain interior ini bisa bebas mengekpresikan kepribadian dari rumah berdasarkan keratifitas anda. Dengan mengunakan motif abstrak akan menimbulkan kesan menyenangkan, ceria, dan bebas pada ruangan. Motif abstrak terispirasi dar [...]

Diposkan: 02 May 2020 Dibaca: 134 kali

0 Komentar

* Nama
* Email
  Website
* Komentar Note: HTML tidak diterjemahkan!
Masukkan kata ke dalam box:
Arsigriya © 2020. Web by . All Rights Reserved