Rumah Type 36 - Bapak Syukuri - Kalimantan Selatan

Klien kami ini berasal dari Kalimantan Selatan. Beliau bernama Bapak Syukuri. Beliau menghubungi kami untuk mendesain rumah tinggal sederhana pada lahan milik beliau dengan luas lahan 72m2. Rumah yang beliau inginkan merupakan rumah sederhana type 36. Kebutuhan ruang yang ada pada rumah type 36 ini hanya 2 kamar tidur, 1 ruang tamu yang menyatu dengan ruang keluarga, dapur, serta 1 kamar mandi.

Rumah sederhana merupakan tempat tinggal berlantai satu yang dapat berfungsi sebagai tempat berlindung dan bernaung dari pengaruh keadaan alam sekitarnya. Rumah sederhana ini tidak mengandung unsur-unsur yang mewah, namun dengan tetap tidak mengesampingkan keindahan atau estetika. Rumah type 36 ini sangat cocok untuk kelaurga dengan satu atau 2 anak, atau pasangan yang belum memiliki anak.

Sama halnya pada rumah type 36 ini, desain rumah ini sangat sederhana. Dilihat dari fasad bangunan, rumah ini hanya bermain pada ornament dinding. Dinding bagian depan hanya menggunakan finishing acian yang dibentuk dengan pola persegi, serta bagian atas menggunkan finishing acian dan ornament kayu yang membentuk segitiga mengikuti bentuk atap. Kesan elegan sudah bisa tercipta dengan perpaduan warna eksterior yang didominasi warna abu-abu, putih, dan warna kayu. Rumah type 36 ini identic dengan rumah minimalis yang memanfaatkan space yang ada.

Desain pintu dan jendela pada rumah ini memang dibuat dengan ukuran yang tinggi, dengan tujuan pencahayaan alami dapat masuk kedalam ruangan sehingga dapat menjadikan rumah ini sebagai rumah yang hemat energy. Selain itu, penggunaan pintu dan jendela dengan ukuran yang besar dapat memberikan kesan luas pada setiap ruangan.

Berlanjut pada desain layout ruangan, memang suatu hal yang tidak bisa di pungkiri lagi kalau rumah tipe 36 ini akan membuat sedikit susah bergerak. Namun, kami mengantisipasi desain ini dengan menggabungkan antara ruang tamu dan dapur menjadi satu area dengan hanya menggunakan pembatas yang portable, sehingga kapan saja ruangan tersebut ingin di perluas hanya tinggal menghilangkan pembatas tersebut.

Karena rumah type 36 ini memiliki ruang yang terbatas, sehingga ruang tamu dimanfaatkan juga sebagai ruang keluarga. Ruang tamu ini dilengkapi dengan TV yang kami tempelkan pada backdrop dinding serta pemilihan sofa pada ruangan ini hanya menggunakan sofa 3 seat yang menghadap ke arah TV.



Arsigriya © 2020. Web by . All Rights Reserved