Material Pelapis Lantai

Diposkan: 03 May 2019 Dibaca: 1209 kali


Hunian dengan lantai yang bersih, indah, dan sedap dipandang mata tentunya menjadi suatu kenyamanan tersendiri bagi penghuni rumah. Dengan memilih material pelapis lantai yang tepat, maka ruangan pun akan semakin terlihat cantik dan menarik. Namun, perlu dipehatikan pula dalam hal pemilihan jenis lantai untuk setiap ruangan, karena beda ruangan berbeda pula jenis lantai yang digunakan. Material yang dipilih pun haruslah bersifat aman, kuat, awet, tahan lembab, dan mudah dibersihkan.

Sampai saat ini telah banyak dijumpai berbagai macam material pelapis lantai yang sering digunakan masyarakat. Mulai yang terbuat dari bahan alami maupun dari bahan sintetis (buatan). Masing-masing material tersebut juga memiliki keunggulan tersendiri. Berikut ulasan mengenai beberapa material pelapis lantai :

  1. Lantai Plester.

Source : https://media.rooang.com/2014/11/eksistensi-lantai-semen-dan-plus-minusnya/

Lantai yang paling umum dijumpai pada rumah-rumah tradisional. Namun, saat ini lantai plester mulai diaplikasikan juga pada rumah-rumah modern. Walaupun sempat tergantikan oleh tegel dan keramik, rupanya lantai plester kembali digemari karena tampilannya yang memukau dan elegan. Selain itu, pengaplikasiannya juga terbilang mudah karena seperti saat memplester dinding, yang membedakannya pada lantai plester dilakukan penggosokan lebih untuk menghasilkan lantai yang lebih halus dan mengkilap. Warna yang ditimbulkan pun sama dengan plesteran dinding semen-pasir, namun cenderung lebih gelap.

  1. Lantai Tegel.

Source : https://www.4muda.com/mengenal-10-jenis-lantai-rumah/

Salah satu jenis lantai yang paling lama digunakan oleh rumah-rumah di Indonesia. Lantai tegel terbuat dari campuran bahan semen, pasir, beton, dan diatasnya disiram aci supaya permukaan atasnya halus. Lantai ini mulai ditinggalkan karena warnanya yang terkesan membosankan, namun masih banyak juga yang menggunakan material pelapis lantai yang satu ini, bahkan sekarang banyak diproduksi tegel dengan berbagai macam motif sehingga tampilannya tidak lagi monoton melainkan lebih menarik dan bervariasi.

  1. Lantai Teraso.

Source : https://jasapolesmarmer.net/3-kiat-sukses-cara-mengkilapkan-lantai-teraso/

Lantai teraso hampir sama dengan lantai tegel, yang membedakannya, yaitu lapisan atasnya dicampur pecahan batu bermotif sehingga pilihan warnanya lebih banyak ketimbang lantai tegel. Terdapat dua jenis lantai teraso, yaitu teraso dengan tekstur mengkilap dan teraso dengan tekstur kasar. Tidak hanya sebagai pelapis lantai, teraso juga bisa digunakan sebagai pelapis dinding bangunan.

  1. Lantai Keramik.

Source : https://www.rumahkuunik.com/2017/05/desain-lantai-keramik.html

Termasuk salah satu lantai yang sangat populer dan banyak digunakan karena memiliki banyak pilihan warna, bentuk, motif, hingga tekstur. Lantai keramik terbuat dari tanah liat yang yang dibakar dengan suhu tertentu, kemudian dilapisi lapisan glasur. Karena terbuat dari tanah liat lantai keramik tidak meneruskan panas yang diterima, sehingga ruangan diatasnya terasa sejuk. Keramik bertekstur halus biasanya digunakan untuk interior rumah. Sedangkan keramik bertekstur kasar diaplikasikan pada kamar mandi, garasi, dan taman.

  1. Lantai Marmer & Granite.

Source : https://rumahlia.com/desain/lantai/kelebihan-dan-kekurangan-lantai-marmer/attachment/lantai-marmer

Lantai marmer juga termasuk lantai yang banyak digemari karena tampilannya yang sangat elegan dengan warna alami, mengkilap, serta motif dan corak yang beragam. Selain itu, lantai marmer juga sangat kuat, tahan, lama, serta mampu menyejukkan suhu didalam ruangan. Marmer juga dapat digunakan sebagai pelapis dinding atau dinding tiang.

Source : https://www.arsitag.com/article/granit-sebagai-bahan-bangunan

Sementara itu, lantai granite memiliki tampilan yang hampir sama dengan lantai marmer, hanya saja warnanya lebih gelap. Kedua material pelapis lantai ini tergolong material yang sangat mahal dibandingkan dengan lainnya karena terbuat dari batuan alam yang ketersediaannya di alam terbatas.

  1. Lantai Kayu.

Source : https://lantaikayucantik.com/

Lantai kayu masih menjadi primadona bagi para pencinta nuansa alami. Tampilan serat kayu yang terkesan alami merupakan daya tarik tersendiri untuk diaplikasikan sebagai pelapis lantai. Lantai kayu juga mampu memberikan kehangatan di dalam ruang. Ada dua jenis lantai kayu, yaitu lantai parket yang terbuat dari kayu solid yang dipotong dan dibelah dengan ukuran tertentu dan lantai laminasi yang terbuat dari kayu olahan yang permukaannya adalah hasil printing. Lantai laminasi lebih dimintai karena tampilan akhir yang seperti kayu asli dan harganya relatif murah.

  1. Lantai Karpet.

Source : https://aditya-nusantara.blogspot.com/2014/01/tips-membersihkan-lantai-karpet.html

Untuk lantai karpet, di Indonesia belum banyak yang menggunakannya sebagai pelapis lantai karena perawatannya yang cukup sulit. Walaupun begitu, tidak ada salahnya mencoba lantai ini karena lantai ini mudah instalasinya, menjadikan ruangan nyaman dan hangat, serta pastinya sangat aman sebagai tempat bermain anak.

  1. Lantai Vinyl.

Source : http://bintaragreen.blogspot.com/2016/01/apa-itu-lantai-vinyl.html

 Jenis lantai ini memiliki beberapa keunggualan, diantaranya sangat kuat serta tahan api dan air sehingga banyak digunakan pada bangunan publik. Pada bagian bawahnya terdapat lem yang mudah direkatkan pada lapisan plesteran atau lantai keramik. Pemasangannya pun sangat mudah, seperti memasang wall sticker. Pilihan motif juga beragam sehingga sewaktu-waktu dapat dilepas dan diganti dengan motif lain.


Tags

Artikel Terkait

Menghadirkan Kesan Pedesaan Eropa Dengan Gaya Desain “Farmhouse”

Menghadirkan Kesan Pedesaan Eropa Dengan Gaya Desain “Farmhouse”

Desain rumah dengan gaya Farmhouse bukanlah gaya desain yang berasal dari Indonesia, gaya ini biasa ditemukan di wilayah Eropa dengan 4 musim. Desain rumah Farmhouse merupakan salah satu dari sekian banyak gaya rumah yg memiliki ciri khas tersendiri. Sesuai dengan namanya, gaya Farmhouse pada awalny [...]

Diposkan: 10 Apr 2019 Dibaca: 863 kali

Kolam Renang Dalam Rumah

Kolam Renang Dalam Rumah

Memiliki kolam renang merupakan impian sebagian orang, terlebih lagi jika memiliki hobi berenang. Selain karena hobi, berenang juga dapat menjadi sarana rileksasi sebagian orang ketika sedang stress dengan pekerjaan ataupun aktifitas di luar rumah. [...]

Diposkan: 08 Apr 2019 Dibaca: 687 kali

Interior Warna Putih Tidak Selalu Membosankan

Interior Warna Putih Tidak Selalu Membosankan

Putih melambangkan bersih, cerah, sederhana, serta kesucian. Warna putih banyak digunakan para desain interior untuk mendapatkan kesan luas pada ruangan yang dianggap sempit. Karena sifat dari warna putih itu sendiri adalah netral, maka warna putih ini dapat di aplikasikan dengan menambahkan aksen w [...]

Diposkan: 05 Mar 2019 Dibaca: 477 kali

Mendesain Rumah Tradisional Jawa  Agar Tetap Tak Ketinggalan Zaman

Mendesain Rumah Tradisional Jawa Agar Tetap Tak Ketinggalan Zaman

Setiap orang pasti memiliki desain rumah impian. Dengan semakin berkembangnya kemajuan teknologi dan makin banyak informasi yang didapat dari dunia luar, berpengaruh pula terhadap selera seseorang akan konsep “rumah impian” yang lebih terkesan modern dan minimalis, akan tetapi masih ada pula seb [...]

Diposkan: 18 Feb 2019 Dibaca: 1484 kali

Menggunakan Material Bekas? Kenapa Tidak?

Menggunakan Material Bekas? Kenapa Tidak?

Anda ingin merenovasi rumah, dan ternyata banyak material rumah lama hasil bongkaran? Apakah akan anda buang begitu saja? Atau disimpan? Atau dimanfaatkan ulang? [...]

Diposkan: 28 Feb 2018 Dibaca: 924 kali

Menempatkan Barang-barang Koleksi

Menempatkan Barang-barang Koleksi

Anda termasuk orang yang hobi mengkoleksi barang-barang? Apakah barang-barang yang anda koleksi termasuk barang besar yang memakan tempat? Bagaimana menempatkan barang koleksi sehingga tidak mengganggu kegiatan yang ada di sebuah ruangan? [...]

Diposkan: 17 Feb 2018 Dibaca: 800 kali

0 Komentar

* Nama
* Email
  Website
* Komentar Note: HTML tidak diterjemahkan!
Masukkan kata ke dalam box:
Arsigriya © 2020. Web by . All Rights Reserved