Farmhouse Styel – Rumah Bapak Sinaga – Yogyakarta

Desain rumah berikut ini milik Bapak Sinaga. Beliau memiliki sebidang tanah dengan luas ± 132 m2. Lahan ini rencananya akan dibangun rumah 2 lantai. kebutuhan ruang pada rumah ini tidak terlalu banyak. Karena pemilik menginginkan rumah dengan konsep open space sehingga untuk lantai 1 hanya terdapat ruang tamu, ruang makan serta dapur dalam satu zona tanpa adanya sekat. Dibagian belakang hanya terdapat kamar mandi serta ruang laundry. Untuk lantai 2 hanya terdapat 2 kamar tidur dengan ukuran yang luas dan masing-masing kamar ini memiliki balkon pribadi. Selain itu terdapat pula kolam renang pribadi pada rumah ini.

Desain fasad yang diusung merupakan style Farmhouse. Terlihat dari bentuk massa rumah yang  simetris dan sederhana dengan desain yang simple serta beberapa bagian yang sengaja ditekankan untuk memperkuat konsep. Seperti pada desain rumah ini, atap pelana sangat ditonjolkan. Selain sebagai atap utama, atap pelana ini juga ditonjolkan pada area teras dengan ukuran yang lebih kecil. Dinding bangunan dilapisi dengan material dari Conwood Plank 8” warna putih. Conwood Plank 8” di pilih karena memiliki beberapa keunggulan antara lain bentuknya hampir menyerupai kayu asli, hemat waktu dan biaya, anti rayap, mudah dipasang, serta tahan api dan tahan cuaca.

Desain pintu dan jendela pada rumah ini dibuat dengan ukuran yang besar. Hal ini bertujuan agar rumah terlihat lebih luas. Pada lantai 1 terdapat dua jendela dengan ukuran yang besar yang diletakkan pada bagian depan dan samping rumah serta pintu rumah juga didesain dengan daun pintu kaca. Untuk lantai 1 bagian belakang yang menghadap kearah kolam renang memang sengaja tidak memakai pintu ataupun jendela. Bagian depan lantai 2 hanya terdapat jendela kecil yang difungsikan sebagai bouven serta pintu yang mengarah ke balkon depan. Sedangkan lantai 2 bagian samping rumah terdapat pintu jendela simetris dengan ukuran yang besar serta pintu yang terhubung dengan balkon masing-masing kamar tidur. Balkon ini langsung menghadao kearah kolam renang.

Pada desain rumah ini terdapat basement yang terletak di bawah carport. Akses menuju basement ini melalui tangga yang terletak tepat didepan pintu dan jendela samping bagian depan. Desain pintu dan jendela ini merupakan pintu jendela mati artinya hanya sebagai hiasan saya tidak dapat diakses.

Arsigriya © 2020. Web by . All Rights Reserved