Mendesain Rumah Tradisional Jawa Agar Tetap Tak Ketinggalan Zaman

Diposkan: 18 Feb 2019 Dibaca: 1484 kali


Setiap orang pasti memiliki desain rumah impian. Dengan semakin berkembangnya kemajuan teknologi dan makin banyak informasi yang didapat dari dunia luar, berpengaruh pula terhadap selera seseorang akan konsep “rumah impian” yang lebih terkesan modern dan minimalis, akan tetapi masih ada pula sebagian kalangan yang tetap menggandrungi hal-hal tradisional termasuk dalam memilih sebuah desain rumah tinggal.

Pada artikel ini akan dibahas beberapa unsur yang diperlukan untuk menciptakan sebuah hunian dengan nuansa “Tradisional” khususnya tradisional Jawa namun dengan kesan modern.

Desain Rumah Tradisional-Modern

 

Salah satu ciri rumah tinggal yang mengusung style Tradisional Jawa umumnya menonjolkan bentuk atap Joglo sebagai salah satu identitasnya. Atap Joglo sendiri memiliki banyak bentuk dan memiliki filosofi pada tiap komponen penyusunnya. Bila mengacu pada struktur Joglo Tradisional terdapat beberapa komponen penyusun misalkan Umpak, Soko, Tumpang Sari Dalam, Tumpang Sari Luar, usuk, reng, dll. Terdapat pula pakem tertentu untuk menentukan ukuran serta jumlah tiap komponen yang ada pada atap Joglo.

Selain atap yang menjadi ciri rumah tradisional, ukiran atau ornamen-ornamen tertentu juga dapat mempertegas kesan tradisional sebuah rumah. Ukiran dapat terbuat dari material kayu maupun material besi dan alumunium. Jika menginginkan nuansa tradisional yang kental, material ukiran kayu adalah pilihan yang tepat. Namun apabila ingin memunculkan kesan modern pada sebuah rumah tradisional, material besi atau pun alumunium dapat pula digunakan.

Untuk mendapatkan kesan modern pada sebuah desain rumah tradisional dapat dilakukan dengan memilih desain pintu dan jendela dengan bentuk minimalis serta dengan material yang terkesan modern seperti alumunium dan kaca. Untuk tipe rumah pada wilayah beriklim tropis, tentunya jendela atau bukaan sangat diperlukan agar tetap tercipta sirkulasi udara yang baik di dalam ruangan.

Warna yang digunakan pada desain juga perlu dipertimbangkan agar tak lepas dari konsep awal. Sebaiknya warna yang dipilih untuk desain rumah tradisional-modern adalah warna-warna yang cukup netral dan tidak mencolok. Salah satu warna yang dapat dipilih adalah warna coklat baik coklat tua, coklat muda, atau pilihan gradasi dari warna tersebut. Alasan memilih warna tersebut adalah karena warna coklat memiliki kesan tradisional yang pekat, serta warna tersebut dapat dengan mudah dipadukan dengan warna dari material lain.

Desain Rumah Tradisional-Modern

 

Unsur pendukung lainnya seperti batu alam merupakan hal yang cukup penting untuk menunjang konsep tradisional. Material batu alam yang umum digunakan adalah batu andesit, palimanan, susun sirih, batu candi, serta jenis batu pecah. Selain itu, batu bata ekspose juga banyak ditemukan pada desain-desain rumah tradisional.

Demi menambah kesan tradisional yang dramatis dan semakin memperkuat konsep tradisional, penataan titik lampu pada desain rumah juga merupakan unsur yang penting. Untuk fasad rumah, perbanyak jenis lampu spot light serta wall mounted lamp dengan style yang senada.

 

Penataan Lampu pada Desain Rumah Tradisional-Modern

 

 

 

 

 

 

 

 

 


Tags

Artikel Terkait

Harga Borongan Per Meter atau RAB?

Harga Borongan Per Meter atau RAB?

Ingin membangun rumah? Bingung dengan sistem kontrak dengan kontraktor? Dengan borongan, atau cost n fee? Baca artikel berikut untuk menjawab kebingungan anda... [...]

Diposkan: 14 Jan 2017 Dibaca: 4777 kali

Agar Suasana Rumah Menyenangkan

Agar Suasana Rumah Menyenangkan

Bosan dan suntuk dirumah? Atau bahkan sering merasakan emosi negatif? Mungkin anda perlu membaca artikel ini untuk membuat suasana dirumah menjadi menyenangkan... [...]

Diposkan: 14 Jan 2017 Dibaca: 864 kali

Membuat Ruang Terkesan Lebih Luas

Membuat Ruang Terkesan Lebih Luas

Rumah anda berada di lahan kecil? Anda merasa ruangan rumah terlalu penat? Coba baa artikel berikut, bisa menjadi solusi untuk rumah anda... [...]

Diposkan: 14 Jan 2017 Dibaca: 806 kali

Beli Rumah Jadi Atau Bangun Sendiri?

Beli Rumah Jadi Atau Bangun Sendiri?

Anda ingin mempunyai rumah? Dana sudah tersedia? Bingung mau bangun rumah atau beli rumah? Silahakn baca dulu artikel berikut... [...]

Diposkan: 05 Jan 2017 Dibaca: 567 kali

0 Komentar

* Nama
* Email
  Website
* Komentar Note: HTML tidak diterjemahkan!
Masukkan kata ke dalam box:
Arsigriya © 2020. Web by . All Rights Reserved