Rumah Bapak Irpan – Bogor

Bapak Irpan memiliki rumah tinggal 2 lantai yang terletak di Bogor, Jawa Barat. Beliau menghubungi kami untuk mendesainkan bangunan rumahnya yang mana dengan menambah bangunan baru pada lahan di samping bangunan rumah eksisting. Bangunan baru tersebut terdiri dari 2 lantai. Penambahan ruang di lantai 1 antara lain ruang makan, dapur, ruang makan serta adanya backyard. Kebutuhan ruang untuk lantai 2 antara lain kamar tidur utama yang dilengkapi dengan Walk in Closet serta kamar mandi dalam. Akses utama untuk rumah tinggal ini tetap melalui rumah lama (eksisting) karena pada rumah lama tidak merubah eksisting dan tangga penghubung terletak pada rumah lama.

Bapak Irpan selaku pemilik rumah ini menginginkan untuk tidak merubah fasad bangunan rumah yang lama, sehingga bangunan yang baru kami sesuaikan dengan desain rumah lama. Fasad bangunan ini menerapkan style rumah tropis. Dilihat dari depan, ciri khas rumah tropis pada bangunan ini terlihat dari penggunaan atap yang tinggi dengan kemiringan kurang lebih 30derajat. Selain itu, karena pemilik rumah ini menginginkan bentuk atap yang sama dengan rumah lama, sehingga terdapat talang air di bagian tengah yang terbuat dari beton dengan ukuran yang besar. Ukuran talang beton ini 2,5m x 9m. Selain berfungsi untuk mencegah air cucuran air hujan dari atap yang turun tidak pada tempatnya, talang beton ini nantinya difungsikan sebagai tempat untuk meletakkan outdoor AC.

Desain pintu dan jendela rumah kami sesuaikan dengan rumah lama, dengan adanya ventilasi diatas pintu dan jendela sebagai penghawaan alami. Penghawaan alami ini berfungsi untuk memperlancar sirkulasi atau pergerakan udara sehingga rumah tidak akan terasa pengap. Desain fasad bangunan kami sesuaikan dengan bangunan lama, yaitu dengan adanya ornament batu alam. Selain itu warna cat dinding rumah ini dpilih warna yang memberikan nuansa alami, yaitu warna coklat muda dan coklat tua. Pagar rumah yang baru kami sesuaikan pula dengan desain pagar yang lama, dengan menggunakan besi hollow ukuran 4x4cm warna hitam.

Hal yang paling penting untuk desain rumah ini adanya penempatan tanaman baik didalam maupun diluar rumah. Bagian belakang terdapat ruang terbuka denagn ukuran kecil yang di fungsikan sebagai taman belakang rumah. Selain itu, bagian depan rumah ini terdapat taman dengan pepohonan yang tinggi, sehingga menjadikan rumah ini tampak lebih asri.



Arsigriya © 2021. Web by . All Rights Reserved